TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Sederhana Atasi Distraksi dalam Bekerja, agar Tetap Fokus!

Wajib kamu praktikkan, nih

Ilustrasi bekerja (Pexels.com/Anete Lusina)

Distraksi atau hal-hal yang mengganggu kamu sering kali datang dengan atau tanpa kita sadari. Kehadirannya otomatis membuat kita kurang bisa fokus terutama dalam bekerja.

Untuk itu, kamu perlu banget mengetahui bagaimana caranya agar kamu tetap fokus dan bisa mengatasi distraksi. Daripada penasaran, langsung cari tahu sama-sama aja, yuk!

1. Cari tahu hal apa saja yang menganggumu

Ilustrasi menulis (Pexels.com/Startup Stock Photos)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan, adalah dengan cara mencari tahu apa saja yang bisa menganggu fokusmu dalam bekerja. Kalau perlu, buat juga daftar tentang apa saja hal-hal yang bisa membuatmu terdistraksi.

Hal-hal inilah yang wajib banget kamu hindari agar tetap fokus. Dengan mengetahui hal apa saja yang menganggu, tentu kamu akan lebih mudah untuk menentukan apa yang harus kamu lakukan selanjutnya supaya bisa bekerja dengan lebih tenang.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Pagi yang Bikin WFH Lebih Produktif, Gak Banyak Distraksi!

2. Atur ponsel dalam keadaan senyap

Ilustrasi ponsel (Pexels.com/Polina Kovaleva)

Sadar atau tidak, suara notifikasi dari ponsel terkadang membuat fokus kita terpecah. Baru beberapa menit bekerja, tiba-tiba muncul notifikasi. Iya, kalau kita punya kemampuan yang cukup baik untuk mengabaikan suara tersebut.

Kalau sebaliknya, yang ada kita jadi membuka ponsel lalu malah sibuk sendiri sehingga lupa dengan tujuan awal kita. Untuk mencegah hal tersebu,t ada baiknya untuk kamu bisa mengatur ponsel dalam keadaan senyap.

3. Usahakan untuk istirahat yang cukup

Ilustrasi tidur (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Waktu istirahat yang kurang ternyata juga berpengaruh pada tingkat konsentrasi kita, lho. Saat kita gak punya jam istirahat yang cukup otomatis tubuh jadi mudah lelah.

Kelelahan ini yang pada akhirnya menjadi sebuah distraksi utama penghalang fokus kita dalam bekerja. Oleh karenanya, sesibuk apapun kita, tetap sempatkan waktu untuk beristirahat, ya.

4. Hindari melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu

Ilustrasi seorang wanita tengah melakukan kegaiatan multitasking (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu atau lebih dikenal dengan istilah multitasking sering kali kita lakukan tanpa kita sadari. Melakukan hal ini sama artinya dengan membagi fokus kita ke dalam beberapa hal.

Nah, kalau kita belum bisa menguasai semuanya yang ada kegiatan seperti ini justru menjadi sebuah distraksi. Untuk itulah, sebaiknya hindari untuk melakukannya, ya.

Baca Juga: 5 Cara Hindari Distraksi saat Work From Home, Bisa Fokus Deh!

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya