TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Utama Pentingnya Punya Side Job bagi Anak Muda

Peluang sukses lebih terbuka!

ilustrasi seseorang mengerjakan side job (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Masa remaja dan awal dewasa adalah waktu yang menarik bagi anak muda, ya. Ini adalah saat di mana kalian mulai mengeksplorasi potensi dan mencari jati diri dalam dunia yang penuh tantangan. Ditambah lagi, ada begitu banyak hal yang patut dicoba di luar sana.

Salah satu hal yang bisa meningkatkan pengalaman dan kemandirian adalah memiliki side job atau pekerjaan sampingan, nih. Meskipun mungkin kamu sudah punya pekerjaan tetap, ada lima alasan kenapa pentingnya punya side job.

1. Pengembangan keterampilan tambahan

ilustrasi seseorang melakukan self mapping (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Memiliki side job memberikan kesempatan bagi anak muda untuk mengembangkan keterampilan tambahan di luar lingkungan pendidikan formal. Misalnya, pekerjaan sampingan bisa melatih keterampilan komunikasi, manajemen waktu, atau kreativitas.

Dengan mengasah beragam keterampilan ini, kamu akan menjadi lebih berdaya. Tentunya, kamu jadi siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang kompetitif.

Baca Juga: 5 Side Job Paling Cuan di Era Digital, Asli Cuan Banget! 

2. Meningkatkan pengalaman kerja

ilustrasi ibu rumah tangga jadi freelancer (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Pengalaman kerja sangat berharga bagi anak muda yang baru memasuki dunia profesional, lho. Side job memberikan kesempatan bagi kamu untuk belajar tentang dunia kerja, berinteraksi dengan rekan kerja, dan mendapatkan wawasan tentang berbagai industri.

Pengalaman ini jelas gak hanya menambah nilai pada CV mu. Tetapi juga membantu kamu memahami apa yang diharapkan di lingkungan kerja.

3. Mengelola keuangan pribadi

ilustrasi finansial income (pexels.com/Pixabay)

Memiliki side job juga memberikan pelajaran berharga soal bagaimana mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik. Anak muda belajar bagaimana mengatur penghasilan, membuat anggaran, dan memprioritaskan pengeluaran.

Keahlian ini membantu kamu membangun disiplin finansial yang penting di masa depan. Selain itu, juga menghindari masalah keuangan yang sering kali dihadapi oleh orang dewasa yang kurang berpengalaman.

4. Meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab

ilustrasi seorang pekerja remote (pexels.com/Armin Rimoldi)

Side job mengajarkan anak muda tentang tanggung jawab, kemandirian, dan akuntabilitas juga, lho. Kamu jadi bisa belajar untuk merencanakan dan mengatur waktu antara pekerjaan, pendidikan, dan kegiatan lainnya.

Tanggung jawab terhadap tugas-tugas pekerjaan juga mengajarkan nilai ketekunan dalam dirimu. Juga, ini akan membangun komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Baca Juga: 5 Pertimbangan sebelum Mengambil Side Job, Pikirkan Baik-Baik!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya