TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Menekuni Hobi Menulis, Bikin Diri Berkembang dan Kreatif

Yang penting jaga konsistensi

ilustrasi orang menulis (pexels.com/Pixabay)

Punya hobi menulis? Entah itu tentang kehidupan, pendidikan, maupun yang lainnya,  kamu harus konsisten. Selain menjadikanmu semakin berkembang, menulis juga akan meningkatkan kreativitas dan wawasan.

Tingkatkan terus produktivitas menulismu. Sebab semakin menekuninya, maka hal-hal baik pun akan kamu terima. Seperti beberapa manfaat berikut ini.

1. Meningkatkan kecerdasan

Ilustrasi laki-laki cerdas (pexels.com/cottonbro)

Setiap orang cerdas, hanya saja ada yang malas berlatih untuk meningkatkannya. Mempunyai hobi menulis, bisa menjadi sarana latihan dalam hal kecerdasan.

Untuk itu, jika sekarang kamu sudah menekuninya. Cobalah untuk konsisten saja, kecerdasanmu pasti akan meningkat di setiap harinya, baik akademik maupun emosionalnya.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Bangkitkan Semangat untuk Menulis setelah Lama Vakum

2. Semakin kreatif dan unggul

ilustrasi mempunyai ide kreatif (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Seseorang yang hobi menulis, entah tentang topik apa saja yang digemarinya, biasanya dia menjadi kreatif di bidangnya. Maka, bersemangatlah untuk melanjutkan hobi menulismu.

Semakin kreatif, sudah pasti kualitasmu bisa terus unggul. Sehingga, di masa depan, cita-cita yang kamu impikan bisa terwujud menjadi kenyataan.

3. Mampu berpikir kritis

ilustrasi berpikir kritis dalam mengenali seseorang (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Gemar menulis tentang berbagai topik yang sedang menjadi tren? Kegiatanmu sangat positif, teruslah lanjutkan, karena ini mampu membuatmu semakin berpikir secara kritis.

Tidak percaya? Cobalah amati di setiap prosesnya. Ketika kamu sedang menulis, pasti ada proses berpikir, mengamati, dan menganalisis. Inilah yang akan melatih keterampilan berpikir kritismu hingga semakin tajam.

4. Mampu bergaul dalam segala jenis lingkungan

ilustrasi bergaul (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Tidak semua orang pandai bergaul di segala jenis lingkungan pergaulan. Namun, jika kamu terus mengembangkan keterampilan menulismu, maka bergaul di mana saja, pasti bisa diterima.

Menulis biasanya diawali dengan kegiatan mengobservasi dan meneliti suatu topik yang sedang dikerjakannya. Dan, perlu kamu tahu bahwa apa pun topiknya, itu memberikan pengetahuan yang bisa menjadi bekal untuk pergaulan.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Menulis untuk Membantumu Menyembuhkan Luka Batin

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya