TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menjaga Keseimbangan Kerja dengan Kehidupan Lainnya

Hindari melakukan sesuatu yang gak perlu

ilustrasi orang sedang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Keseimbangan bekerja perlu dipertahankan, karena dapat meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan selama prosesnya. Untukmu yang sedang memiliki tanggung jawab pekerjaan, tetaplah seimbang dengan aspek kehidupan lainnya. Mulai dari yang sifatnya pribadi, sosial, hingga profesional

Bagaimana cara mempertahankannya? Simak, pelajari, lalu praktikkan beberapa tips berikut ini.

1. Punya jadwal harian yang jelas

ilustrasi membuat jadwal (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Langkah pertama sebagai tips mempertahankan keseimbangan kerja dengan aspek hidup lainnya yaitu, dengan memiliki jadwal harian yang jelas. Buatlah secara terperinci kegiatan demi kegiatan yang akan dijalani.

Lengkapi dengan waktunya, supaya teratur dan memudahkanmu juga. Jika ingin lebih seimbang, jadwalkan untuk kegiatan hariannya. Sehingga, waktu pun lebih efisien dan jelas akan melakukan apa saja pada hari itu juga.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menjaga Work Life Balance bagi Fresh Graduate!

2. Ambil jeda sejenak di setiap tahapannya

ilustrasi orang beristirahat dari waktu kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah membuat jadwal harian secara bertahap. Jangan lupa untuk mengambil jeda sejenak di setiap tahapannya. Ini untuk mengurangi rasa lelah dan meningkatkan semangat ketika kembali bekerja. Lakukan untuk menikmati makan siang, berjalan-jalan ke luar ruangan, atau melakukan peregangan tubuh agar pegalnya hilang. Pemberian jeda juga dapat meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

3. Hindari melakukan sesuatu yang gak perlu

ilustrasi orang melamun (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika pekerjaan sudah menumpuk, hindari melakukan hal-hal yang sebenarnya gak perlu. Tujuannya supaya kamu gak buang-buang waktu. Dengan begitu, pekerjaan dapat selesai tepat waktu, lalu kamu bisa melanjutkan kegiatan berikutnya yang sudah dijadwalkan. Perlu niat yang kuat dan disiplin menerapkannya. Lihat hasilnya pasti memuaskan diri, karena kebutuhanmu terpenuhi. Yuk, mulai membiasakan ini.

4. Tetap menjaga kesehatan fisik

ilustrasi memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk mempertahankan keseimbangan bekerja dengan faktor lainnya diperlukan juga kondisi fisik yang prima. Maka, jaga kesehatan fisikmu. Mengatur pola istirahat dan makan, meluangkan waktu untuk berolahraga, mengurangi begadang hingga larut malam, dan upaya menjaga kesehatan fisik lainnya. Jangan memaksakan diri bekerja ketika lelah sudah sangat dirasa. Sakit bisa dicegah dengan tahu batasannya dalam bekerja dan peduli pada kesehatan.

Baca Juga: 5 Solusi Bijak bagi Kamu yang Gila Kerja agar Work Life Balance

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya