TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menjaga Suasana Hati agar Tidak Memburuk saat Sibuk Kerja

Kamu harus pintar menjaga suasana hati saat sedang sibuk

ilustrasi suasana hati buruk saat bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat kamu sedang sibuk kerja karena pekerjaan yang menumpuk, kamu perlu menjaga suasana hatimu agar tidak memburuk. Mengapa kita harus menjaga suasana hati? Karena bila suasana hatimu sedang dalam keadaan yang tidak baik, maka akan berdampak pada segala aktivitas yang sedang dilakukan.

Misalnya saja, kinerja yang kamu berikan tidak maksimal, kamu jadi tidak fokus selama bekerja, bahkan kamu cenderung akan mudah marah. Pada umumnya, saat suasana hati sedang memburuk, kita hanya ingin berdiam diri ataupun sebagian orang ingin meluapkan dengan cara yang tidak tepat.

Karena itu, sesibuk-sibuknya kamu dengan pekerjaanmu, kamu perlu terapkan beberapa cara di bawah ini agar suasana hati selalu stabil dan tidak memburuk. Silakan simak hingga selesai, ya!

1. Pergi ke luar rumah agar pikiran jernih

ilustrasi sedang istirahat di luar ruangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Mengutip Greater Good Magazine, terdapat studi yang dilakukan oleh para peneliti di Finlandia yang menemukan tentang penduduk kota yang gemar berjalan-jalan selama 20 menit di taman kota ataupun hutan akan mengalami pengurangan stres secara signifikan bila dibandingkan dengan orang-orang yang berjalan-jalan di sekitar pusat kota.

Jika kamu sudah merasa mumet dan otak terasa buntu hingga tak bisa berpikir saat bekerja yang berujung stres, maka lebih baik jangan paksakan dirimu! Kamu bisa keluar rumah, misalnya seperti ke teras rumah, untuk menghirup udara di luar. Jika kamu bekerja di kantor, kamu bisa gunakan sedikit waktu untuk keluar ruangan.

Jika kamu merasa tidak sempat melakukan hal tersebut ketika sedang sibuk bekerja, kamu bisa atur jadwal di akhir pekanuntuk mengunjungi taman atau hutan agar bisa berjalan-jalan santai. Jadi, ketika weekdays tiba, pikiranmu akan fresh kembali.

Baca Juga: 9 Tanda Pasangan Kamu Ingin Putus Secara Gak Langsung, Perhatikan!

2. Mendengarkan musik

ilustrasi mendengarkan musik saat kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu bisa coba mendengarkan musik untuk meningkatkan suasana hatimu saat sedang sibuk. Manfaat sehat dari mendengarkan musik yaitu mengurangi kecemasan, memperbaiki suasana hati, bahkan bisa menjadi pereda sakit.

Mengutip Healthline, terdapat peneliti yang melakukan interview ke orang-orang yang mendengarkan musik. Setiap peserta yang ikut penelitian memiliki identitas yang berbeda-beda, seperti usia, jenis kelamin, hingga latar belakang, namun alasan mereka mendengarkan musik pun sangat mirip. 

Salah satu alasan yang paling umum mendengarkan musik yaitu bisa mengatur emosi mereka dan memberikan kekuatan untuk mengubah suasana hati, hingga bisa membantu orang untuk memproses perasaan mereka.

3. Coba berdiri setiap beberapa menit

ilustrasi seseorang di kantor (pexels.com/Gustavo Fring)

Biasanya, kebanyakan pekerja akan bekerja sambil duduk dan menatap laptop ataupun komputer. Jika kamu duduk dalam waktu yang lama, jelas akan membuat kamu merasakan sakit pada pinggul, pinggang, hingga kaki akan terasa lemah. 

Dikutip NHS UK, jika kita sudah menginjak usia 19 hingga 64 tahun, maka disarankan untuk tidak duduk sepanjang hari, seperti saat kita bekerja. Kamu bisa lakukan tips untuk mengurangi waktu duduk, seperti pasang alarm di ponselmu untuk bangun dari kursi setiap 30 menit dan istirahat dengan jalan-jalan santai setiap kamu sedang istirahat untuk meminum kopi atau teh.

Kamu bisa masukkan rutinitas peregangan yang mudah ketika sedang sibuk kerja, bahkan bisa dilakukan pada saat itu juga. Misalnya, kamu bisa lakukan back extension.

4. Tidur yang cukup di malam hari

ilustrasi orang sedang tidur (pexels.com/Craig Adderley)

Saat kamu tidur di malam hari, usahakan kamu mendapatkan waktu tidur selama 7 jam. Sebab, tidur sangat memberikan pengaruh pada tingkat emosional dan fisikmu. Jika kamu tidak cukup tidur, maka bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. 

Mengutip Healthline, kurang tidur bisa berdampak negatif pada keadaan emosional sehingga kita akan merasa tidak sabar dan mengalami perubahan hati. Serta akan memberikan dampak dalam mengambil keputusan dan kreativitas.

Nah, bila kamu ingin menjaga suasana hatimu agar tidak mudah emosi, kamu perlu tidur setidaknya 7 jam di malam hari, ya. Dengan begitu, kamu bisa bekerja secara efektif di pagi hari.

Baca Juga: 5 Alasan Keberhasilan dalam Pekerjaan Layak Dirayakan bersama Pasangan

Verified Writer

Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya