TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Stop Prokrastinasi Jika 5 Hal Buruk Ini Tidak Ingin Kamu Alami

Kamu akan terus dihantui keraguan

pexels/Andrea Piacquadio

Menunda-nunda pekerjaan atau prokrastinasi adalah musuh besar kita dalam produktifitas. Di era modern saat ini prokrastinasi bahkan semakin menjadi-jadi dengan hadirnya media sosial yang begitu mudah mengalihkan perhatian banyak orang. Hal ini bukanlah masalah sepele jika sudah menjadi sebuah kebiasan dalam hidup kita.

Pada prosesnya, prokrastinasi bukan hanya merugikanmu, tetapi juga bisa membuat hancur hidupmu seluruhnya. Maka berhentilah menunda-nunda jika lima hal buruk ini gak ingin kamu alami.

1. Kamu hanya hidup di pikiranmu, bikin stress!  

pexels/Nathan Cowley

Ketika kamu menunda-nunda, kamu hanya menghabiskan banyak waktu berandai-andai di kepalamu tentang apa yang akan terjadi. Akibatnya, ini justru melahirkan kekhawatiran dan ketakutan yang semu dan membuatmu semakin menunda setiap mimpi yang ingin diraih. Dan percayalah ini bisa menjadi sumber stress tanpa ada hasil apapun yang kamu dapatkan.

Alih-alih hanya terus berandai-andai, kesampingkalah segala ketakutanmu dan mulailah bergerak dan mencoba. Setidaknya dengan mencoba kamu segera tahu apa yang akan terjadi. Memang tidak akan mudah, tetapi setidaknya kamu tahu dan berkesempatan untuk memperbaiknya lebih baik lagi. 

Baca Juga: 5 Hal Inilah yang Buat Pekerjaanmu Bernilai, Gak Melulu Soal Gaji

2. Kamu kehilangan kesempatan untuk belajar 

pexels/Andrea Piacquadio

Kegagalan bukanlah sesuatu yang harus dihindari. Kegagalan terkadang adalah berkah yang tersembunyi. Ini dapat membantu kamu belajar, tumbuh, dan sarana mencapai tujuan apa pun yang kamu impikan. Maka menunda pekerjaan, mimpi ataupun rencana karena takut gagal bukanlah solusi.

Dengan banyak menunda, kamu justru merugikan diri sendiri. Kamu akan kehilangan banyak kesempatan dalam hidup untuk belajar. Jauh lebih baik untuk mencoba dan gagal, lalu mencoba lagi daripada hanya duduk-duduk menunggu saat yang tepat. Dengan begitu kamu akan meraih banyak pengalaman, sebuah modal berharga dalam hidup.

3. Tidak pernah merasa siap dan hidup penuh alasan

pexels/Andrea Piacquadio

Terkadang, ada baiknya untuk tetap bersabar dan menunggu saat yang tepat dalam memulasi sesuatu, entah itu bisnis ataupun hubungan. Tapi biasanya, menunggu waktu yang tepat hanyalah alasan belaka. Ketakutanlah yang sedang menahan kamu bergerak.

Kamu merasa sepertinya belum siap sehingga tidak ingin mencoba, tetapi yang sebenarnya terjadi adalah kamu tidak pernah merasa siap. Kamu selalu punya alasan untuk menunda impian dan harapanmu. Jika kamu terus membiarkannya, kamu hanya akan menghabiskan seluruh hidupmu menunggu dan menunggu tanpa pernah melakukan apa pun.

4. Kamu menunda kesuksesan dalam hidup 

pexels/Andrea Piacquadio

Dalam melakukan apa pun selalu ada dua kemungkinan, berhasil dan gagal. Maka, kamu mungkin tidak akan gagal jika berusaha. Kamu mungkin benar-benar berhasil. Namun satu yang pasti jika kamu sering menunda adalah impianmu tidak akan pernah terwujud.

Semakin lama kamu menunggu untuk mengejar impian-impianmu, semakin lama sampai pada tujuannya. Kamu hanya harus mulai bergerak sekarang, meski dengan langkah kecil. Jika tidak, akan butuh waktu lebih lama sampai kamu melihat hasilnya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbiasa Menunda Pekerjaan, Segera Jauhi!

Verified Writer

Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya