TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Seseorang Memilih Bekerja di Luar Jurusan Kuliahnya

Sukses bisa di mana saja

ilustrasi bekerja (pexels.com/Malte Luk)

Bekerja di luar bidang jurusan kuliah bisa menjadi pilihan menarik bagi sebagian orang. Ada beberapa alasan yang mendorong seseorang untuk mengambil pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan yang telah mereka pelajari di perguruan tinggi.

Walaupun keputusan itu akan membuat seseorang membutuhkan waktu lagi untuk belajar, terkadang inilah pilihan yang terbaik. Berikut lima alasan yang sering menjadi faktor seseorang bekerja di luar jurusan kuliahnya.

1. Minat yang berubah

ilustrasi sedang berpikir (pexels.com/Mikhail Nilov)

Selama masa kuliah, minat seseorang dapat berubah seiring dengan penemuan dan eksplorasi diri. Meskipun mereka telah mengambil jurusan tertentu, minat mereka yang sebenarnya mungkin telah bergeser ke arah lain. Mereka kemudian memilih untuk bekerja di bidang yang lebih sesuai dengan minat dan hasrat mereka saat ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Geografi

2. Peluang pasar yang menarik

ilustrasi bekerja (pexels.com/Christina Morillo)

Terkadang, pekerjaan di bidang lain menawarkan peluang pasar yang lebih menjanjikan daripada pekerjaan di bidang jurusannya. Mereka mungkin menyadari, bahwa pekerjaan di luar jurusan kuliahnya memiliki potensi pendapatan yang lebih tinggi, stabilitas kerja yang lebih baik, atau peluang karier yang lebih luas.

Setelah kuliah, fokus utama seseorang bukan lagi hanya terbatas pada jurusan. Namun, lapangan kerja yang bisa mendukung kesuksesan.

3. Pengalaman dan keterampilan tambahan

ilustrasi guru (pexels.com/Katerina Holmes)

Beberapa orang memilih bekerja di luar bidang jurusan untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan tambahan yang dapat memperkaya profil mereka.

Mereka menganggap bahwa pekerjaan di luar jurusan dapat memberikan pengalaman yang berbeda, serta memperluas wawasan juga keterampilan. Di mana hal itu sangat berguna dalam karier mereka di masa depan. Bekerja di luar jurusannya pun bisa menambah referensi keterampilan dan jaringan sosial baru.

4. Tantangan dan variasi

ilustrasi suasana bekerja (pexels.com/fauxels)

Beberapa orang menemukan pekerjaan di luar jurusan sebagai cara untuk menghindari rutinitas atau kebosanan yang mungkin terjadi, dalam pekerjaan yang berhubungan langsung dengan jurusan kuliahnya.

Mereka mencari tantangan dan variasi dalam pekerjaan yang memungkinkan mereka terus belajar dan berkembang. Sebab, rasa bosan tidak bisa dihindari, jika terus bergelut di bidang yang sama, mulai saat kuliah sampai bekerja.

Baca Juga: 5 Kiat Hadapi Pekerjaan yang Gak Sesuai Jurusan

Verified Writer

Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya