TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Untuk para Pejuang WFH, 6 Kiat Tetap Produktif dan Fokus Kerja

Produktif tanpa harus kerja sampai larut!

Ilustrasi wanita karier. (pexels.com/Ivan Samkov)

Kondisi pandemik yang kembali mengkhawatirkan, membuat pemerintah mengambil langkah penetapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat. Akibatnya, banyak karyawan yang harus kembali melakukan WFH (Work from Home) demi menekan laju penyebaran infeksi virus.

Nah, buat kamu para pejuang WFH, ada beberapa kiat nih, supaya kerja di rumah bisa tetap produktif layaknya kerja di kantor. Kamu jadi bisa fokus pada tugas-tugasmu. Ini dia tipsnya!

1. Mengatur jam kerja seperti biasa

ilustrasi wanita duduk di sofa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu tantangan berat ketika kerja di rumah, adalah feel-nya berbeda dibanding ketika kamu masuk kantor. Kamu jadi merasa lebih santai, sehingga mulai kerjanya bisa nanti-nantian.

Nah, supaya tugasmu itu bisa selesai, dan produktivitasmu gak berkurang selama WFH, coba deh atur jam kerjamu seperti biasa, layaknya lagi ngantor. Waktunya bekerja, ya fokus pada pekerjaan, jangan dipakai untuk scrolling media sosial. Nah, pas istirahat, ya benar-benar gunakan untuk istirahat. Dengan begitu, ritme kerjamu jadi gak berantakan.

2. Buat jadwal pekerjaan rumah dengan tugas kantor

ilustrasi menyapu (pexels.com/RODNAE Productions)

Terkadang yang bikin kamu jadi keteteran saat WFH, akibat gak bisa menyusun skala prioritas. Pekerjaan rumah yang sebenarnya bukan prioritas, dan bisa diselesaikan nanti, malah dikerjakan pas jam kantor.

Agar kamu tetap produktif tanpa mengganggu waktu istirahat, maka tata lagi waktumu. Kapan harus menyelesaikan pekerjaan rumah, kapan kamu gak bisa diganggu karena harus mengerjakan tugas pekerjaan.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Korea Berbahan Mie, Enak Disantap saat WFH

3. Mengawali hari dengan kebiasaan baik

ilustrasi olahraga (pexels.com/RODNAE Productions)

Jangan karena sekarang kerjanya di rumah, kamu jadi bebas bangun siang. Gimana bisa selesai itu tugas-tugas, kalau start-nya aja telat.

Cobalah awali hari dengan kebiasaan baik, yaitu bangun di awal pagi, kemudian lanjutkan dengan olahraga supaya badan dan pikiranmu segar, serta jangan lupa sarapan sehat. Tubuhmu butuh energi, lho, supaya bisa konsentrasi.

4. Bicarakan baik-baik pada keluarga

ilustrasi mengobrol (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Tantangan besar saat WFH, adalah memberikan pengertian pada keluarga, bahwa meski kamu di rumah, bukan berarti leha-leha. Tapi, kamu tetap harus bekerja dan menyelesaikan berbagai tugas.

Coba bicarakan baik-baik hal ini kepada keluarga. Agar keluargamu bisa menghormati waktu kerjamu, dan gak selalu diganggu dengan persoalan-persoalan remeh yang lumayan bikin konsentrasi pecah.

5. Sediakan ruang khusus untuk kerja

ilustrasi pria di depan laptop (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Agar kamu bisa fokus dan gak mudah terdistraksi, cobalah untuk menyediakan ruang khusus untuk kerja. Sehingga, ketika kamu sudah masuk ke ruang tersebut, berasa sedang ada di kantor.

Dengan menyediakan ruang kerja tersendiri, juga bisa jadi batasan bagi anggota keluarga. Kalau kamu sudah berada di ruang tersebut, artinya jangan diganggu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Tidak Ada Kerjaan akibat WFH, Cobain!

Verified Writer

L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya