TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Ampuh Ketika Kamu Merasa "Newbie" di Antara yang Sudah Expert

Stay cool walaupun kamu belum ngerti apa-apa

outreachmagazine.com

Pernah gak sih kamu merasa ada di keadaan di mana kamu sama sekali gak ngerti apa-apa? Di kampus atau mungkin di kerjaan baru kamu. Tapi, kamu tidak mau terlalu kelihatan bodoh di saat itu. Nah, berikut ini 5 tips supaya kamu tetap terkesan cool walaupun kamu gak ngerti sama sekali. 

1. Diam dan tetap perhatikan arah pembicaraan

educationpost.org

Diam itu adalah emas, guys! Benar banget. Jika kamu tidak tau apa - apa, jangan memaksakan diri untuk berkomentar atau beropini yang kamu sendiri gak terlalu yakin. Salah - salah malah kamu jadi bahan tertawaan orang lain karena komentar "nyeleneh" kita. 

Tetap tenang saja dan perhatikan topik apa yang sedang berjalan dan tetap fokus pada hal tersebut. 

Baca Juga: Sering Merasa Canggung? Ini 7 Tips Ampuh Kenalan Dengan Orang Baru

2. Jangan memandang dengan tatapan kosong dan tetap bersikap elegan

digitalsenior.sg

Biasanya jika seseorang itu bingung, secara normal tatapannya akan kosong. Nah, sebaiknya kamu berusaha untuk mengisi pikiranmu dengan topik yang sedang dibahas. Jangan biarkan kamu sampai melamun.

Salah-salah orang malah salah pengertian terhadapmu yang dianggap tidak menghargai dirinya yang sedang berbicara, padahal kamu merasa bingung. 

3. Jangan sibuk mengerjakan hal lain saat kamu merasa gak paham

happyhealthycouple.com

Biasanya hal lain yang digunakan untuk menghapus rasa bingung adalah bermain gadget, dan mengerjakan hal lainnya. Padahal, kamu akan semakin gak ngerti arah pembicaraan dan celakanya jika kamu ditanya, maka kamu tidak dapat menjelaskan tentang apa yang sudah dibicarakan.

4. Catat hal apa saja yang membuat kamu bingung dan susah paham

lavalenfamille.ca

Sesekali jika kamu bisa dan berkesempatan membawa catatan, catatlah hal yang gak kamu pahami satu per satu. Setidaknya, walau kamu gak ngerti, kamu sudah berusaha untuk mencoba mengerti hal yang sedang dibicarakan. 

Selain itu dengan mencatat, kamu sudah memberikan kesan yang baik terhadap rekan bicaramu karena kamu sungguh mendengarkan apa yang kalian bicarakan.

Baca Juga: 5 Bad Attitude yang Gak Patut Kamu Lakukan pada Teman Kerja 

Verified Writer

Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya