TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Setia Menekuni Pekerjaan, Gak Jadi Kutu Loncat

#IDNTimesLife Pastikan kamu memilih pekerjaan yang tepat

ilustrasi pria bekerja (pexels.com/Kampus Production)

Saran agar kamu tidak menjadi kutu loncat dalam bekerja pasti telah sering kamu dengar. Namun, sudahkah kamu tahu apa untungnya setia menekuni suatu pekerjaan? Ternyata keuntungannya banyak, lho.

Sebagai catatan, kamu juga tidak sembarangan dalam memilih pekerjaan. Pekerjaan tersebut harus cukup prospektif sampai ke masa depan. Bila kamu telah menemukannya, kesetiaanmu menekuni pekerjaan tersebut niscaya memberimu lima manfaat di bawah ini.

1. Kamu sangat berpengalaman di bidang tersebut

ilustrasi perempuan bekerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dengan banyaknya pengalamanmu di bidang tersebut, kamu akan jarang sekali mengalami kesulitan ketika menyelesaikan tugas-tugas. Berbeda dengan bila kamu berpindah-pindah pekerjaan. 

Meski kelihatannya pengalamanmu beragam, kamu tak punya pengalaman yang banyak di suatu bidang. Kamu dapat membayangkannya seperti sekadar mencelupkan telapak kaki ke beberapa kolam.

Kamu tidak pernah berenang di salah satu kolam pun sehingga tak tahu kedalamannya. Kamu cuma sedikit merasakan airnya dan tak akan menjadi atlet renang.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Tidak Mengurangi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

2. Orang-orang tahu betapa kamu mencintai pekerjaanmu

ilustrasi suasana kantor (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Apakah penting pengetahuan mereka tentang besarnya rasa cintamu terhadap suatu pekerjaan? Tentu saja, sebab atasanmu pasti bakal lebih mudah memercayakan jabatan pada orang yang memang menyukai pekerjaannya.

Sementara itu, orang-orang di luar lingkungan pekerjaanmu juga akan lebih menghargaimu. Kamu terlihat mantap dengan pekerjaan yang dipilih, tidak seperti orang yang terpaksa menjalaninya hanya demi menyambung hidup.

3. Kamu menjadi contoh untuk junior-juniormu

ilustrasi membicarakan pekerjaan (pexels.com/Monstera)

Tak jarang, berganti-ganti pekerjaan dianggap wajar bagi anak muda. Kadang malah dianggap sebagai sesuatu yang keren karena orang yang terus berganti pekerjaan dikira sebagai penyuka tantangan.

Padahal, orang yang menyukai tantangan dengan seorang kutu loncat tidaklah sama. Bayangkan ini sebagai sebuah game. Di game yang sama, tantangan barunya pun akan selalu ada di setiap levelnya.

Jadi, tanpa berganti-ganti pekerjaan pun, kamu sangat bisa mengembangkan skill-mu. Kemampuanmu bertahan di satu pekerjaan dan tetap berkembang inilah yang akan dicontoh junior-juniormu.

4. Kesempatan untukmu sampai di puncak karier lebih besar

ilustrasi fokus bekerja (pexels.com/Caio)

Seperti disebutkan dalam poin 1 dan 2, dengan banyaknya pengalamanmu di satu pekerjaan dan atasan menjadi lebih memercayaimu untuk menduduki suatu jabatan, kariermu pasti terus naik. Walaupun banyak godaan saat kamu berusaha menekuni suatu pekerjaan, kamu akan merasakan buah manisnya.

Namun ingat, ini hanya terjadi apabila kamu memilih pekerjaan yang tepat. Sebab ada pula pekerjaan yang tidak menjanjikan perkembangan karier. Berkeras menekuni pekerjaan tersebut malah membuatmu stagnan.

Baca Juga: 5 Cara Menerima Pekerjaan yang Tak Membuatmu Nyaman, yuk Lakukan!

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya