TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Full Stack Developer

Jangan lupa dipelajari, ya!

Pexels/ThisIsEngineering

Full Stack Developer adalah profesi di bidang teknologi yang bertugas mengurus front-end maupun back-end sebuah aplikasi. Orang yang bekerja pada posisi ini, perlu memahami tampilan utama yang terkait user interface dan tampilan database dari sebuah aplikasi maupun website.

Selain itu, profesi ini juga memerlukan beberapa kemampuan lain yang mendukung seperti yang ada di bawah ini.

1. Memiliki pengetahuan yang baik mengenai pengelolaan database

pixabay/pexels

Kemampuan untuk mengolah data merupakan kunci agar kamu bisa jadi Full Stack Developer sukses. Ketika terjadi masalah pada situs atau aplikasi, maka untuk memperbaikinya, dibutuhkan kemampuan coding yang berkaitan dengan database. 

2. Menguasai teknologi pengelola front-end

unsplash/lukepeters

Untuk menekuni profesi Full Stack Developer, dibutuhkan kemampuan yang baik dalam menguasai beberapa teknologi esensial yang berkaitan dengan front-end, seperti HTML5, CSS3, dan JavaScript. Jika kamu ingin jadi Full Stack Developer, jangan lupa untuk mempelajarinya dengan baik!

Baca Juga: 5 Gambaran Perjuangan Jobseeker yang Gak Kunjung Dapat Pekerjaan

3. Ahli dalam bahasa pemrograman untuk mengelola back-end

unsplash/@Danial RiCaRoS

Jika kemampuan sebelumnya berhubungan dengan tampilan depan sebuah situs atau aplikasi, maka back-end merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk mengelola tampilan dapur dari sebuah database pada aplikasi atau situs. Beberapa kemampuan yang perlu kamu kuasai adalah Node.js, Python, Ruby, JavaScript, dan sebagainya.

4. Familier dengan web architecture

unsplash/@jefflssantos

Seorang Full Stack Developer juga harus familier dengan cara menstrukturkan kode, memisahkan dan menyimpan berkas tertentu, metode penyimpanan berkas yang besar, menyusun basis data, dan menentukan di mana setiap tugas komputerisasi harus ditempatkan. Beberapa kemampuan yang ada di atas merupakan kemampuan yang erat dengan web architecture.

5. Mampu berpikir kritis dan menyelesaikan masalah dengan baik

unsplash/@kellysikkema

Kemampuan berpikir kritis dan memiliki inisiatif, merupakan hal yang diperlukan bagi seorang Full Stack Developer. Pasalnya, seseorang yang memiliki pemikiran yang kritis, mampu mengevaluasi situasi dengan logika dan memberi solusi terbaik.

Selain itu, dibutuhkan pula kemampuan menyelesaikan masalah yang baik karena Full Stack Developer merupakan profesi yang berkaitan erat dengan pemecahan sebuah masalah.

Baca Juga: 5 Alasan Perlunya Sikap Konsisten dalam Memilih Pekerjaan Tetap 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya