TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat Jitu agar Sukses Interview Kerja dalam Bahasa Inggris

Butuh persiapan yang matang!

unsplash.com/Sebastian Herrmann

Jika kamu tidak menguasai Bahasa Inggris dengan baik, interview kerja dalam Bahasa Inggris bisa saja menjadi sangat menakutkan. Namun, perlu kamu tahu bahwa perekrut biasanya melakukan ini karena mereka ingin mengetahui sejauh mana penguasaanmu terhadap bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.

Nah, agar kamu dapat melewatinya dengan lancar, cobalah lakukan beberapa hal di bawah ini agar dirimu lebih siap menghadapi wawancara kerja tersebut.

1. Mempersiapkan pertanyaan dan jawaban interview kerja dalam Bahasa Inggris

pexels/@vlada-karpovich

Setelah menerima jadwal interview, sebaiknya kamu segera membuat daftar pertanyaan beserta jawaban yang umum ditanyakan oleh HR dalam Bahasa Inggris. Nah, usahakan jawaban yang kamu berikan menggunakan Bahasa Inggris formal, singkat, padat, dan jelas.

2. Belajar pengucapan dan aksen yang baik

Pexels/Craig Adderley

Pelafalan dalam Bahasa Inggris merupakan salah satu penilaian interview kerja yang sangat penting. Sebab, agar perekrut dapat memahami betul apa yang ingin disampaikan kamu harus mengatakannya dengan jelas, baik dari intonasi maupun artikulasi. Oleh karena itu, jangan lupa berlatih pengucapan kata yang benar, ya!

Baca Juga: 6 Pertanyaan Jebakan HRD saat Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya

3. Berlatih memahami tata bahasa dalam Bahasa Inggris

Pixabay/silviarita

Aturan tata bahasa yang biasa digunakan pada saat interview kerja dalam Bahasa Inggris adalah penggunaan kata yang tepat, seperti conditional tense, simple past tense, dan present tense. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyusun kata-kata yang ingin kamu sampaikan secara formal dan sesuai dengan tata bahasa yang berlaku.

4. Memanfaatkan komunikasi non verbal

Pexels/nappy

Jika kamu memang tidak lancar dalam berbahasa Inggris, cobalah untuk jujur pada pihak perekrut. Dengan begitu, mereka bisa memberikan nilai yang positif terhadap usaha yang kamu lakukan. Selain itu, dalam proses interview kamu juga bisa memanfaatkan komunikasi non verbal untuk menyampaikan pesan yang ingin kamu ucapkan.

Baca Juga: 5 Alasan Perhatikan Penampilan Saat Interview Itu Penting, Setuju?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya