TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Teknik Ampuh untuk Menenangkan Pikiran yang Terlalu Sibuk Bekerja

Semuanya bersumber dari pernapasan..

ilustrasi kelelahan (pexels/Andrea Piacquadio)

Ketika terlalu sibuk bekerja, otak dan pikiran bisa saja menjadi stres dan menimbulkan kelelahan. Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan dengan mudah dan efisien pun menjadi terhambat.

Nah, jika hal tersebut tengah terjadi, cobalah untuk melakukan teknik-teknik relaksasi untuk menenangkan pikiranmu sejenak. Berikut ini beberapa teknik relaksasi untuk menenangkan pikiran yang terlalu sibuk bekerja.

1. Exhalation relaxation technique

freepik/freepik

Teknik ini merupakan teknik yang paling umum dan paling sering dilakukan oleh orang-orang yang mengalami kelelahan pikiran. Caranya, tutup kedua matamu kemudian tarik napas secara perlahan dan lembut. Lakukan selama 10 kali pernapasan dan kamu akan mendapatkan pikiran yang tenang kembali.

2. Breathing relaxation technique

pixabay/3321704

Mirip dengan teknik yang pertama, hanya saja untuk teknik ini tidak hanya mata saja yang perlu kamu tutup. Melainkan juga telinga. Nah, ketika sedang menarik napas, fokuslah untuk mendengarkan suara yang ada di dalam kepala kamu dan tarik napas dalam-dalam.

Baca Juga: 5 Manfaat Me Time untuk Hidup, Memulihkan Pikiran hingga Memahami Diri

3. Humming relaxation technique

Pexel/Oleksandr Pidvalnyi

Humming relaxation technique merupakan salah satu teknik relaksasi pikiran yang cukup terbilang unik. Sebab, dalam cara ini kamu harus fokus pada suara senandung yang kamu buat sendiri. Menciptakan suara senandung di dalam batin dipercaya dapat memberikan ketenangan pada pikiran.

4. Deep inhalation relaxation technique

pexels/@kelvin809

Teknik yang satu ini tidak hanya dapat berfungsi untuk menenangkan otak saja, lho. Akan tetapi, teknik ini juga dapat memulihkan energi yang telah terbuang dari tubuh. Untuk melakukannya kamu bisa menarik napas lembut sambil menutup mata dan telinga menggunakan telapak tangan. Kemudian, buang napas melalui gigi dan lakukan sambil bersenandung.

Baca Juga: 9 Cara Membersihkan Hati & Pikiran Menurut Ajaran Islam, Ada Berzikir!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya