TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Kamu Tak Peduli Pada Diri Sendiri, Mentalmu Terabaikan!

Kamu selalu mengabaikan diri sendiri

ilustrasi perempuan menopang dagu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berperilaku tidak peduli mungkin sering kamu lakukan. Individu yang memiliki perilaku tidak peduli  akan bersikap acuh tak acuh dan tidak responsif dalam berbagai hal. Meskipun terdengar biasa saja, namun jika diabaikan hal ini tentu akan membawa dampak negatif.

Sikap tersebut tidak hanya terjadi ketika kamu tidak memiliki perhatian terhadap keadaan sosial dan lingkungan sekitar. Namun hal ini juga dapat terjadi ketika kamu tidak memiliki perhatian terhadap diri sendiri. Untuk lebih jelasnya, yuk! simak 5 tanda jika kamu termasuk individu yang tidak peduli terhadap diri sendiri.

1. Selalu mendahulukan kepentingan orang lain

ilustrasi membantu teman (pexels.com/Mentatdgt)

Dalam hidup kamu selalu dilingkupi oleh berbagai kepentingan. Entah itu kepentingan yang menyangkut orang banyak maupun kepentingan dirimu sendiri. Semua memiliki urgensinya masing-masing sehingga kamu tidak bisa jika berfokus hanya pada salah satu.

Salah satu tanda kalau kamu termasuk orang yang tidak peduli terhadap diri sendiri adalah selalu mendahulukan kepentingan orang lain. Kamu tidak kuasa menolak permintaan teman meskipun sebenarnya dirimu merasa keberatan untuk membantunya. Jika hal ini terjadi secara terus menerus tentu kamu akan tertekan.

2. Memendam emosi negatif

ilustrasi menutup wajah (pexels.com/Anna Shvets)

Salah satu tanda kamu tidak memperdulikan diri sendiri adalah selalu mengabaikan perasaanmu yang sedang tidak baik-baik saja. Kamu menolak untuk mengakui jika dirimu memang sedang terpuruk dan butuh dukungan. Kamu selalu beranggapan bahwa dirimu sedang baik-baik saja.

Padahal menolak untuk mengakui bahwa kamu sedang tidak baik-baik saja itu bukan hal yang baik, lho. bagaimana pun juga, kamu tidak dapat membohongi dirimu sendiri. Bukannya semakin tegar, yang ada justru kamu akan tertekan dan semakin rapuh.

3. Tidak bisa menerima kekurangan diri

ilustrasi memeluk lutut (pexels.com/Alex Green)

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam kehidupan, tidak ada orang yang benar-benar sempurna pun tidak ada orang yang sepenuhnya buruk. Tanda bahwa kamu termasuk individu yang tidak memiliki kepedulian terhadap diri sendiri adalah tidak mau menerima kekurangan diri.

Padahal mau menerima kekurangan diri itu penting, lho. Dengan mengetahui apa yang menjadi kekurangan maka kamu dapat mengenali diri sendiri. Kamu jadi tahu apa saja hal-hal yang masih perlu diperbaiki sehingga kamu bisa menjadi individu yang lebih berkualitas.

4. Terlalu memaksa diri

ilustrasi menatap laptop (pexels.com/Tim Gouw)

Apakah kamu pernah memaksakan diri sendiri?. Kamu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang memang tidak sesuai dengan minatmu. Atau bisa jadi kamu memaksakan diri untuk terus bekerja di luar batas meskipun sebenarnya sudah sangat lelah.

Memaksakan diri merupakan tanda bahwa kamu apatis terhadap diri sendiri. Jika kamu termasuk orang yang selalu melakukan hal tersebut, maka sedikitlah peduli dengan dirimu mulai sekarang. Kamu bukan robot yang dapat dipaksa melakukan apapun, tetapi kamu hanyalah manusia biasa yang memiliki rasa lelah dan dapat tertekan sewaktu-waktu.

Baca Juga: 7 Metode Sederhana Self-Healing Buatmu, Yuk Sehat Mental! 

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya