TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mau Melamar Pekerjaan, Waspada!

Waspada penipuan saat melamar pekerjaan

ilustrasi orang-orang berdiskusi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mencari kerja merupakan sesuatu yang biasa dilakuin seorang fresh graduate. Sebagai seorang lulusan baru, fresh graduate tentunya belum punya banyak pengalaman untuk melamar pekerjaan.

Di zaman yang serba digitalisasi, memang memudahkan orang-orang buat mencari pekerjaan. Terdapat banyak lowongan yang bisa ditemukan dengan mudahnya di internet. Namun, kita harus waspada karena gak semua lowongan kerja itu benar. Seiring berkembangnya zaman, jenis penipuan semakin bervariasi.

Ini beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum melamar pekerjaan!

Baca Juga: 4 Tips agar Lolos BI Checking KOL-5 saat Melamar Kerja

1. Lowongan pekerjaan dari aplikasi resmi

ilustrasi bermain gadget (pexels.com/Christina Morillo)

Ada puluhan ribu, bahkan ratusan ribu lowongan pekerjaan yang tersebar di berbagai media sosial. Namun, ada baiknya kalian cari pekerjaan yang terdapat di aplikasi yang sudah resmi. Sebab, lowongan pekerjaan lewat internet atau media sosial itu rawan penipuan.

Kalau lewat aplikasi resmi, setidaknya kita tahu aplikasi itu sudah melakukan riset atau pengecekan terhadap kebenaran perusahaan dan lowongan yang tersedia. Sehingga, data kalian lebih aman kalau melamar lewat aplikasi resmi.

2. Cek dan periksa ulang media sosial perusahaan

ilustrasi bermain gadget (pexels.com/Teona Swift)

Jika sudah terlanjur menemukan lowongan pekerjaan melalui media sosial, ada baiknya kalian perlu cek semua media sosial tersebut apakah benar atau tidak. Baik dari instagram sampai situs web resmi perusahaan yang dituju. Pada dasarnya, perusahaan-perusahaan yang memang membuka lowongan pekerjaan pasti memberikan informasi dan menyebarkan informasi resmi tersebut di akun media sosial mereka.

Kenapa? Karena perusahaan-perusahaan yang sudah besar justru menjadi target para penipu "loker palsu" untuk menjebak banyak orang. Mereka membuat situs web tidak resmi atau akun instagram perusahaan tidak resmi untuk melancarkan aksi penipuan mereka.

Baca Juga: 5 Tips Melamar Kerja Lewat Email, Auto Dilirik HRD!

Verified Writer

Naufal Azwari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya