TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Cara Tetap Sehat dan Bahagia di Tempat Kerja

Penting nih biar kamu gak stres!

unsplash.com/DISRUPTIVO

Apa kamu salah satu yang sedang stres berat karena dikejar deadline? Atau sedang bingung dan merasa bosan dengan lingkungan kerjamu? Karena hal-hal tersebut, kamu pun berniat untuk resign atau pindah kerja?

Jangan gegabah, ya! Stres karena deadline pekerjaan, bosan dengan lingkungan kerja atau hal-hal tersebut memang sudah sangat umum dialami seseorang. Akan tetapi, jangan lantas membuatmu ingin pindah kerja.

Lebih baik kamu membuat dirimu nyaman dan bahagia terlebih dahulu di tempat kerjamu yang sekarang. Lalu, bagaimana caranya? Yuk coba ikuti delapan cara tetap sehat dan bahagia di tempat kerja berikut ini!

1. Jangan terlalu sering bekerja overtime

unsplash.com/Daria Nepriakhina

Siapa yang tidak pernah merasakan lembur di kantornya? Hampir semua orang pasti pernah merasakan kerja overtime atau lembur. Sebenarnya tidak apa-apa jika memang itu sangat terpaksa. Tapi, kalau terlalu sering, apa sih dampaknya?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyebutkan jika seseorang mengurangi jam kerjanya dari 10 jam ke 8 jam atau mengurangi 6 hari kerjanya menjadi 5 kerja, produktivitasnya justru akan bertambah. Pasalnya, hal tersebut akan mempengaruhi mood-mu dan kamu akan lebih merasa bahagia di lingkungan kerjamu. Mengurangi kerja lembur juga dapat mengurangi stres.

2. Kurangi kebiasaan multitasking

unsplash.com/Allef Vinicius

Saat kamu mencoba untuk menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu waktu, tanpa kamu sadari kamu akan mengerjakannya lebih lambat dan kemungkinan besar membuat kesalahan. Hal tersebut akan membuatmu depresi dan stres karena semua pekerjaan kamu pikirkan dalam satu waktu. Selain itu, hal tersebut juga akan membuatmu kurang fokus.

Multitasking itu perlu, namun selalu ada porsinya. Tidak ada salahnya jika kamu sesekali meminta tolong ke teman kerjamu. Pekerjaan akan lebih ringan dan tertata rapi jika dikerjakan bersama, bukan?

3. Berhenti terlalu sering berkata ‘iya’

unsplash.com/Mimi Thian

Ketika kamu bekerja, kamu dituntut untuk fokus dengan pekerjaanmu. Kamu memang dituntut untuk bekerja keras dan melakukan pekerjaan-pekerjaan penting, namun berhentilah berkata ‘iya’ untuk semua pekerjaan yang diberikan kepadamu. Cobalah untuk berkata ‘tidak’ untuk pekerjaan yang tidak menghasilkan atau bukan ranahmu.

Sebagai contoh, seorang graphic designer di sebuah kantor advertising memiliki pekerjaan tambahan di luar kantornya. Namun, ia paham kapan ia akan mengambil pekerjaan yang ia rasa itu worth it dari segi waktu dan penghasilan, dan mana yang tidak. Maka, ia tidak selalu berkata ‘iya’ untuk penawaran pekerjaan dari luar. Hal tersebut akan membuatnya lebih bisa menikmati hidup dan tidak stres.

Baca Juga: 5 Cara Tetap Chill, Meskipun Harus Bekerja Selama Liburan Akhir Tahun!

4. Berhenti berusaha menjadi seorang perfeksionis

Proxyclick.com

Sebuah penelitian mengatakan semakin perfeksionis, semakin tidak produktif. Perfeksionis memang diperlukan untuk beberapa hal, namun jika terlalu berlebihan akan membuatmu merasa stres, tidak bahagia dan tertekan.

Kamu akan selalu menuntut dirimu menjadi sempurna, namun jika yang terjadi tidak sesuai dengan kenyataan, kamu akan menyalahkan diri sendiri. Jadi, mulai sekarang kurangi hal tersebut agar kamu pun bisa menikmati pekerjaanmu dengan bahagia.

5. Pintar membagi waktu dan tidur yang cukup

unsplash.com/The Creative Exchange

Salah satu kelemahan seorang karyawan ketika sudah terlalu sibuk adalah kewalahan membagi waktu. Tanpa kamu sadari, kamu juga akan lupa kapan waktunya beristirahat. Jika kamu bisa membagi waktu untuk pekerjaanmu dan diri sendiri, dijamin semuanya akan berjalan dengan baik. Kurang tidur akan membuat mood-mu berantakan dan kamu selalu merasa lelah di tempat kerja.

Alhasil, kamu akan merasa tidak bahagia. Bagi waktumu antara pekerjaan dan diri sendiri terutama untuk beristirahat. Banyak penelitian yang mengatakan jika kurang tidur akan membuatmu depresi. Kamu tidak mau bukan?

6. Biasakan untuk rutin berolahraga

unsplash.com/Ilya Pavlov

Bukan rahasia lagi jika olahraga akan membuatmu sehat dan bahagia. Olahraga akan membuatmu melepas zat endorphin dalam tubuhmu. Endorphin inilah yang akan membuatmu merasa bahagia dan membuat kekebalan tubuhmu meningkat. Hal itu akan berdampak juga ketika kamu berada di tempat kerja.

Badan yang sehat dan hati yang bahagia akan mempengaruhi produktivitas kerjamu. Hari-harimu di tempat kerja pun akan lebih menyenangkan.

7. Sediakan waktu untuk hangout bersama teman kerja

unsplash.com/DISRUPTIVO

Setiap hari kamu memang selalu bertemu teman kerja di kantor. Tapi, untuk membuat hubunganmu dengan teman kerja menjadi lebih erat dan menyenangkan, tidak ada salahnya kamu membuat jadwal hangout bersama teman-teman kerja. Lakukan hal-hal yang menyenangkan di luar kantor bersama mereka. kamu pun akan merasa lebih nyaman bersama teman-teman kantormu dan jauh dari kata ‘bosan dengan lingkungan kerja’.

Baca Juga: Lakukan 5 Rutinitas Ini untuk Mengurangi Stres Kamu

Verified Writer

Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya