TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Merasa Terlalu Banyak Pekerjaan? Ini 5 Cara Menanganinya

#ANGPOIN Biar pekerjaan selesai dengan baik

medicalnewstoday.com

Merasa kewalahan berada di tempat kerja? Itu merupakan hal yang tidak asing. Begitu banyak yang harus dilakukan, tetapi waktu begitu sedikit. Apakah kamu seorang pekerja magang atau CEO, semua orang merasakan tekanan pada pekerjaannya setiap saat.

Kamu punya banyak hal yang harus dilakukan, tapi gak yakin harus mulai dari mana. Sebelum mencapai titik kelelahan, penting untuk menjaga diri sendiri dan kesehatanmu. Lima hal di bawah dapat membantumu untuk mengatasinya.

1. Mulai mengatur segalanya

businessinsider.com

Saat ada banyak hal yang terjadi di tempat kerja, mengatur dan mengorganisir adalah kunci utama. Mulailah dengan dasar-dasar: buatlah daftar. Tuliskan semua yang harus kamu lakukan dan kapan, dan mulai memprioritaskan. Memiliki pengingat visual adalah cara yang bagus untuk mengembalikan fokus saat ini.

Atasi tugas-tugas cepat dan mudah terlebih dahulu (seperti menanggapi email, atau meneruskan dokumen yang diminta seseorang), dan mulailah mengerjakan apa yang perlu dilakukan.

2. Jangan mengulang melakukan hal yang sama

esnoticia.co

Lihat kembali apa yang telah kamu lakukan untuk mempermudah pekerjaan. Jangan mengulang rutinitas yang sama setiap harinya untuk mencegah kebosanan. Lakukan variasi cara kerja untuk menemukan bagaimana menyelesaikan pekerjaan dengan efektif.

Baca Juga: 15 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuatmu Kehilangan Pekerjaan

3. Istirahat

sassyhongkong.com

Jangan mencoba "melakukan semuanya". Jika tidak berkonsentrasi dan beristirahat, kamu tidak akan menghasilkan karya berkualitas. Sering ambil nafas. Pergi keluar untuk berjalan 10 menit, atau makan siang dengan teman. Kamu akan kembali dengan pikiran yang lebih jernih

4. Mendelegasikan pekerjaan pada rekan kerja

fortune.com

Kamu gak harus selalu menjadi pahlawan di kantor. Setiap orang membutuhkan uluran tangan sesekali. Jika kamu telah diberi tugas dan masih banyak hal lain menunggu untuk diselesaikan, jangan ragu untuk menghubungi rekan satu tim yang tampaknya memiliki lebih banyak waktu. Bisa mendelegasikan tugas secara langsung, atau membagi tugas.

Baca Juga: 10 Cara Cerdas Agar Kamu Lebih Jago dalam Manajemen Waktu

Verified Writer

Pricilia Bestari

Nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya