TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Efek Negatif Sering Terlambat saat Bekerja, Bukan Hanya Kedisiplinan

Jangan dibiasakan datang terlambat, ya!

ilustrasi terlambat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagai seorang pekerja, mungkin kamu pernah datang terlambat saat bekerja karena suatu alasan. Terlambat datang bekerja adalah hal yang wajar, jika frekuensinya tidak sering. Namun, itu akan menimbulkan masalah jika sering dilakukan.

Sering terlambat  bekerja bisa memberikan dampak negatif bagi dirimu. Lima dampak di antaranya adalah berikut ini.

1. Kamu terlihat tidak disiplin

ilustrasi malas bekerja (pixabay.com/magnetme)

Datang tepat waktu adalah salah satu indikator kedisiplinan karyawan yang bisa langsung terlihat. Bukan hanya oleh atasanmu saja, tapi dapat langsung dinilai oleh semua orang yang bekerja di tempat yang sama denganmu.

Jika terlalu sering terlambat, kamu akan terlihat tidak disiplin. Ketidakdisiplinan yang kamu lakukan bukan hanya merusak reputasimu sebagai seorang pekerja. Namun, bisa memberikan contoh yang buruk bagi pekerja lain.

Baca Juga: 5 Faktor yang Menyebabkan Seseorang Punya Kebiasaan Terlambat

2. Memotong jatah jam kerja

ilustrasi jam kerja (pixabay.com/TaniaRose)

Terlambat datang saat bekerja bisa berpengaruh terhadap jatah waktu kerja yang kamu miliki. Kamu akan memotong jam kerja yang seharusnya dijalani karena datang terlambat. Akibatnya kamu tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Sering terlambat bisa mengakibatkan pekerjaan tidak selesai karena jatah waktu kerja yang berkurang. Akhirnya produktivitas kerja menurun sehingga penilaian performa kerjamu buruk.

3. Terburu-buru saat dijalan

ilustrasi telat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bukan hanya berdampak negatif di tempat kerja. Minimnya waktu yang dimiliki di perjalanan akibat terlambat membuatmu jadi terburu-buru saat menuju lokasi pekerjaan. 

Kamu tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan saat bekerja. Akibatnya mungkin akan banyak hal yang tertinggal. Terburu-buru saat menuju tempat kerja juga bisa memecah konsentrasi saat berkendara, sehingga membahayakan diri sendiri dan orang lain.

4. Mengurangi pendapatan

ilustrasi menghitung uang (pixabay.com/Katya_Ershova)

Beberapa perusahaan menerapkan peraturan yang tegas bagi karyawan yang terlambat. Selain teguran lisan dan surat peringatan, ada juga perusahaan yang memberlakukan pemotongan upah bagi karyawan yang terlambat masuk kerja.

Jika kamu terlalu sering terlambat datang saat bekerja, bukan tidak mungkin upahmu juga akan dipotong perusahaan. Hal ini bisa mengurangi pendapatan bulananmu, kan?

Baca Juga: 5 Tips Anti Terlambat saat Pergi Bekerja, Catat!

Verified Writer

Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya