TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Contoh Proposal Kegiatan Perbaikan Jalan, Lengkap dengan Jenisnya!

Kerap digunakan untuk berbagai tujuan

Ilustrasi membuat proposal (unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com)

Tentunya kamu sudah cukup familier dengan proposal. Apalagi ketika duduk di bangku sekolah, kamu pernah mendapatkan tugas untuk membuatnya. Kemudian saat menjadi mahasiswa, proposal sering kamu buat untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk rencana kegiatan.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu penjelasan lengkapnya sampai dengan contoh proposal kegiatan perbaikan jalan, dalam artikel kali ini akan dibahas secara lengkap. Yuk, simak sampai selesai!

1. Apa itu proposal?

Ilustrasi berkas persyaratan (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja formal. Di dalamnya akan menjelaskan tujuan suatu acara pada pembaca. Dengan begitu, pembaca akan memahami maksud dan tujuan dari proposal itu sendiri.

Sedangkan mengutip laman Kemdikbud dalam e-modul Bahasa Indonesia Kelas XI, di dunia ilmiah proposal adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti. Penulisan proposal akan menggabungkan dari berbagai perencanaan yang telah dibuat pada tahap-tahap sebelumnya. Jadi jika tahapannya tidak dibuat, maka penyusunan proposal akan menemui kesulitan.

Baca Juga: 6 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Seminar Proposal

2. Jenis-jenis proposal

ilustrasi seseorang yang sedang membuat proposal (pexels.com/Los Muertos Crew)

Ternyata proposal memiliki beberapa jenis dengan fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Kebumen, secara umum ada empat jenis proposal yang kerap digunakan, yaitu proposal bisnis, proposal kegiatan, proposal penelitian, dan proposal wirausaha. Berikut ini penjelasannya.

  • Proposal bisnis: Berkaitan dengan dunia usaha atau rancangan rencana kerja yang disusun baik oleh perseorangan ataupun kelompok kepada investor.
  • Proposal kegiatan: Pengajuan rencana suatu kegiatan, baik itu bersifat individu ataupun kelompok. Contohnya, proposal kegiatan pentas seni budaya, proposal kegiatan perbaikan jalan, dll.
  • Proposal penelitian: Suatu acuan, usulan, ide atau gagasan yang ditujukan pada badan, instansi atau yang lainnya untuk mengadakan sebuah penelitian terhadap suatu masalah. 
  • Proposal wirausaha: Ditujukan kepada pemilik, mitra, lembaga perizinan, atau pada pihak sponsor.

3. Tujuan pembuatan proposal

ilustrasi berkas proposal (unsplash.com/Tetiana SHYSHKINA)

Tentunya setiap jenis proposal dibuat dengan berbagai tujuan yang berbeda-beda. Tapi secara umum, tujuan dari proposal adalah untuk meyakinkan dan meminta persetujuan kepada pihak yang bersangkutan. Mengutip buku Panduan Lengkap Menyusun Proposal (2010) oleh Happy Susanto, berikut beberapa tujuannya.

  • Meneliti segala sesuatu yang berkaitan dengan agama, sosial, politik, ekonomi, dan budaya
  • Mendirikan usaha kecil, menengah, dan besar.
  • Mengajukan tender dari lembaga pemerintah atau swasta.
  • Mengajukan kredit kepada bank.
  • Mengadakan acara, seperti seminar, diskusi, pelatihan, atau lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Seminar Proposal, Tenang Adalah Kunci

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya