TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini lho 5 Cara Bijak Menghadapi Kritikan di Tempat Kerja

Ambil sisi positif dari kritikan tersebut, ya!  

unsplash.com/Evangeline Shaw

Pernah tidak kamu mendapat kritikan dari atasan atau rekan kerja? Mendapat kritikan adalah hal lumrah yang terjadi di dunia kerja kok. Biasanya kritikan tersebut dilontarkan ketika hasil pekerjaan tidak sesuai dengan harapan dari pihak yang membebankan tugas, atau ketika kita tanpa sengaja melakukan kesalahan.

Well, ketika kamu mendapat kritikan entah itu kritik ringan sampai pedas sekalipun, janganlah langsung keburu panas hati. Sebagai pekerja, kamu harus bisa bersikap profesional dan tetap tenang saat menghadapi kritikan yang ditujukan padamu. Berikut 5 cara bijak menghadapi kritikan di tempat kerja

1. Bersikaplah tenang, jangan keburu emosi  

unsplash.com/ Christina @ wocintechchat.com

Saat mendapat kritikan pedas dari atasan, jangan gegabah apalagi emosi ya. Bersikaplah tenang di tempatmu. Ambil nafas sebentar lalu hembuskan secara perlahan, agar emosimu bisa sedikit mereda.

Dengan bersikap tenang, kamu akan mengetahui mana titik masalah dari kritikan yang dilontarkan. Karena jika kamu tidak bisa menahan emosi, akibatnya bisa menimbulkan masalah baru hingga berdampak pada masa depan karier yang sudah kamu bangun. 

2. Jadikan kritikan tersebut sebagai motivasi 

pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Di tempat kerja yang namanya kritikan akan selalu kita dapat. Entah karena pekerjaan yang kita lakukan terjadi kesalahan atau "teledor", hingga melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Jadikan kritikan tersebut sebagai motivasi untuk memperbaiki kualitas pekerjaanmu. Tanpa adanya kritikan tersebut, kamu tidak akan mengetahui di mana letak kesalahan yang kamu buat. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Menerima Kritikan Pedas Orang Lain

3. Pahami maksud dari kritikan tersebut 

pexels.com/@mentatdgt

Jangan lihat kritikan menjadi suatu hal yang negatif. Dibalik kritikan dari atasan atau rekan kerja jangan langsung berburuk sangka. Pahami dulu maksud dari kritikan tersebut, karena di dalamnya menyimpan makna dan point penting untuk membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. 

4. Belajarlah dari kesalahan 

pexels.com/Tirachard Kumtanom

Ketika atasan mengkritik pekerjaan, tandanya ada yang tidak beres dengan pekerjaan yang kamu buat. Dari kesalahan tersebut ambillah sisi positifnya agar dirimu bisa memperbaiki kinerjamu dan buktikan pada atasan sebenarnya kamu mampu. Nah ketika sudah belajar dari kesalahan, hindari untuk melakukan kesalahan yang sama ya. 

Baca Juga: Berprinsip Kuat, 5 Zodiak Ini Gak Mudah Kompromi dengan Kritikan Orang

Verified Writer

Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya