TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatasi Rasa Bosan dengan Pekerjaan yang Itu-Itu Saja

#IDNTimesLife Rutinitas pekerjaan kadang membuat jenuh

unsplash.com/Brooke Cagle

Bekerja dari pagi hingga petang, lembur tugas yang gak ada habisnya, ketemu client setiap hari kadang membuat kita jadi lelah dan bosan sendiri. Rutinitas pekerjaan yang nggak ada habisnya inilah membuat diri kita jadi capek fisik dan mental.

Capek dan bosan kerja sebenarnya hal yang biasa, semua orang pasti mengalami. Namun, bosan dengan pekerjaan bisa membuat produktifitas bekerja jadi menurun lho, untuk itu atasi dengan 5 tips berikut ini. 

1. Cari tahu dulu penyebab rasa bosan kerja tersebut

Unsplash.com/Christian Erfurt

Cara pertama mengatasi rasa bosan pada pekerjaan yaitu dengan mencari tahu dulu penyebab rasa bosan dan jenuh muncul. Rasa jenuh yang kamu rasakan sekarang pasti ada sebabnya, mungkin karena ada masalah dengan rekan kerja, deadline tugas yang mepet, atau karena pekerjaan yang stuck. Setelah tahu penyebabnya kamu bisa dengan mudah untuk mencari solusinya, mungkin bisa kamu atasi dengan rehat sejenak dari pekerjaan. 

2. Belajar hal baru yang belum pernah kamu coba

pixabay/Free-photos

Cara mengatasi selanjutnya yaitu dengan belajar hal baru yang belum pernah kamu coba. Rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja dengan permasalahan yang sama setiap harinya membuat kita jadi rentan stres dan tertekan. Maka untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu untuk belajar hal baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Kamu bisa belajar bahasa asing, ikut seminar online, mengasah skill dalam bidang teknologi, dsb. 

Baca Juga: 7 Rahasia Memulai Rutinitas Harian dengan Tenang dan Lancar, Bye Panik

3. Ingat lagi tujuan yang ingin kamu capai

pexels.com/@Verschoren Maurits

Gak bisa dimungkiri terjebak rutinitas yang menjenuhkan membuat kita berkeinginan untuk resign dan cari pekerjaan baru saja. Namun, jangan buru-buru untuk resign dari pekerjaanmu sekarang hanya karena merasa bosan.

Coba deh saat rasa ingin menyerah muncul ingat-ingat lagi apa sih tujuanmu berkarier itu, supaya bisa beli rumah? Beli mobil? Membahagiakan orangtua? Semua orang punya tujuannya masing-masing pun termasuk dirimu. 

4. Ciptakan suasana baru dengan mendekor ulang tempat kerja

unsplash.com/@Alesia Kazantceva

Cara selanjutnya yaitu dengan mendekor ulang meja atau tempatmu bekerja. Rapikan berkas yang tercecer, bersihkan tempat kerja, buang barang-barang yang sudah gak terpakai lagi, setelah itu dekorlah ulang.

Kamu bisa memasang foto di dinding, meletakkan tanaman hias, memasang hiasan lampu, dsb. Buat ruang kerjamu se-estetik mungkin dengan begitu semangatmu bekerja jadi kembali penuh. 

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Perlu Beristirahat dari Rutinitas, Pergilah Berlibur!

Verified Writer

Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya