TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Perbedaan Jurnalis dan Wartawan, Ketahui yuk!

Ternyata gak sama

ilustrasi perbedaan wartawan dan jurnalis (pixabay.com/Engin_Akyurt)

Jika kamu menganggap jurnalis dan wartawan itu sama, maka sebenarnya kamu salah. Meskipun sama-sama berkecimpung di bidang jurnalistik, tetapi rupanya keduanya memiliki perbedaan.

Bahkan, baik jurnalis ataupun wartawan memiliki ruang lingkup pekerjaan yang berbeda. Nah, agar kamu tidak keliru, simak berikut ini perbedaan dari jurnalis dan wartawan.

Baca Juga: Mulai Ditinggalkan, 5 Profesi ini Justru Bisa Membuatmu Kaya

1. Pengertian jurnalis dan wartawan

ilustrasi perbedaan jurnalis dan wartawan (pixabay.com/Neva79)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalis adalah orang yang bekerja untuk mengumpulkan, menyusun, serta menulis berita dalam media massa. Kemudian, jurnalis akan mempublikasikannya, baik secara cetak maupun elektronik.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wartawan adalah orang yang menyusun laporan berita. Sehingga, wartawan bertugas untuk melaporkan informasi atau berita mengenai peristiwa yang sedang terjadi.

Selain jurnalis dan wartawan, dikenal pula istilah reporter. Umumnya, reporter bertugas secara langsung di lapangan untuk melakukan liputan dan melaporkannya ke publik. Hasil liputannya bisa berupa cetak, online, ataupun elektronik, seperti televisi dan radio.

Baca Juga: FJPI Hadirkan Sarasehan Jurnalis Perempuan Indonesia di HPN 2023

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya