TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Sukses ala Gilang Widya, Crazy Rich Malang yang Menginspirasi

Patut ditiru banget nih!

instagram.com/juragan_99

Gilang Widya Pramana adalah salah satu pengusaha muda di Indonesia yang berhasil memulai bisnis dari nol. Melalui saluran YouTube Arief Muhammad, Gilang yang dikenal sebagai Crazy Rich Malang menceritakan perjalanan bisnisnya yang cukup sulit dan panjang sebelum mencapai kesuksesan seperti saat ini.

Kepiawaian Gilang memahami kebutuhan pasar membuat ia semakin berkembang dalam merintis usahanya yang bermula dari jasa cuci motor salju di kota Probolinggo hingga kini menjadi pemilik dari Juragan 99 Trans. Berikut ini beberapa tips sukses ala Gilang Widya, Crazy Rich Malang yang menginspirasi.

1. Mampu memahami kebutuhan pasar

instagram.com/juragan_99

Melalui saluran YouTube Arief Muhammad, Gilang Widya menceritakan awal mula bisnisnya yang dimulai saat masih berkuliah. Saat berkuliah di kota Malang, Gilang memerhatikan banyak sekali jasa cuci motor salju yang sukses di sana. Ia kemudian memiliki ide untuk membuka jasa cuci motor salju yang masih jarang di kota Probolinggo.

Meskipun harus berkutat dengan sabun colek dan penghasilan yang tidak seberapa, Gilang tidak pantang menyerah dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Ia terus memutar otak hingga menemukan bisnis baru yang bisa ditekuni di samping jasa cuci motor saljunya. Dengan penghasilan dari jasa cuci motor salju yang tidak menentu, Gilang mencoba membuat keset dari kain perca.

2. Tidak takut mencoba sesuatu yang baru

instagram.com/juragan_99

Setelah berhasil membuka jasa cuci motor salju, Gilang mencoba untuk membeli kain perca dalam jumlah yang banyak untuk memulai bisnis baru. Ia kemudian mengubah kain perca tersebut menjadi keset-keset yang memiliki nilai jual yang lumayan tinggi di kota Probolinggo saat itu.

Gilang bahkan menjadikan bisnis keset tersebut sebagai pekerjaan sampingan di saat jasa cuci motor saljunya sedang sepi pelanggan. Meskipun hanya sebagai batu loncatan, ia akhirnya berhasil mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk mengembangkan bisnis-bisnisnya yang lain.

Baca Juga: Bikin Laris Daganganmu, Intip 5 Tips Sukses Berjualan di Shopee!

3. Tidak mudah menyerah dalam berbisnis

instagram.com/juragan_99

Meskipun Gilang menjelaskan bahwa sabun colek yang digunakan saat mencuci motor membuat kulit tangannya menghitam, tetapi ia tidak pernah menyerah dalam menekuni bisnis tersebut. Ia bahkan memutar otak untuk mengembangkan jasa cuci motor saljunya di Probolinggo agar bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Dengan tekad yang kuat, ia akhirnya mendaftarkan merek jasa cuci motor saljunya yang bernama 'Lorenzo Snow Wash' untuk dikembangan dan dibuat franchise sendiri. Melalui langkah awal tersebut, Gilang berhasil menggandeng sekitar sepuluh orang untuk berbisnis bersama saat itu.

4. Ajak orang lain untuk berbisnis bersama

instagram.com/juragan_99

Kesuksesan yang dirasakan melalui jasa cuci motor salju yang dikelola di kota Probolinggo membuat Gilang berinisiatif untuk membuat franchise sendiri. Dan langkah tersebut ternyata berhasil menarik banyak peminat dari berbagai kota di Jawa Timur.

Setelah sukses membuat franchise sendiri, Gilang mendapatkan tawaran pekerjaan dari pemerintah untuk karang taruna. Ia bahkan diberikan bantuan alat cuci motor untuk 50 hingga 100 karang taruna di kota Probolinggo untuk dikelola bersama yang akhirnya berhasil meraih kesuksesan.

5. Sisihkan uang untuk ditabung sebagai modal bisnis

instagram.com/juragan_99

Setelah mendapatkan pekerjaan dari pemerintah untuk membantu mengelola beberapa karang taruna di kota Probolinggo, Gilang mendapatkan upah yang lumayan cukup untuk memulai bisnis baru. Ia akhirnya berinisiatif untuk menyisihkan setiap upahnya untuk ditabung sebagai simpanan di masa mendatang.

Dengan ide-ide yang tidak pernah habis dan hasil tabungan, pada tahun 2013 Gilang dan istri akhirnya memulai bisnis online dengan menjual krim kecantikan di Instagram yang berhasil menarik banyak peminat. Bahkan Gilang dan istri menjadi pelopor dari penjual krim kecantikan di Instagram saat itu.

Pada tahun 2015 Gilang dan istri memilih untuk membuat merek dari produk krim kecantikannya yang diberi nama 'MS Glow', dan pada tahun 2017 klinik kecantikan mereka dibangun pertama kali di kota Malang sebelum akhirnya mulai tersebar di seluruh Indonesia. 

Baca Juga: 5 Alasan Orang yang Betulan Sukses Justru Low Profile & Gak Suka Pamer

Verified Writer

Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya