TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tanda Kamu adalah Rekan Kerja yang Baik, Kamu Gini Gak?

Perbaiki ya kalau kamu gak gini

collider.com

Tanpa sadar, banyak orang suka menuntut orang lain untuk menjadi rekan yang baik baginya di kantor tapi tidak introspeksi tentang dirinya sendiri. Kamu nih, sebelum menuntut seperti itu, pastikan dulu kamu sudah jadi rekan yang baik untuk mereka.

Berikut adalah 7 tanda nyata bahwa kamu adalah rekan kerja yang baik. Jika kamu sudah melakukan semuanya, tandanya kamu bukan hanya pantas dijadikan rekan kerja, tapi juga teman baik.

1. Kamu bisa diandalkan

aceshowbiz.com

Dalam setiap masalah yang tim mu hadapi, kamu adalah salah satu orang yang bisa diandalkan dan dinilai memiliki solusi terbaik. Bukan hanya itu, mereka mengandalkanmu bukan hanya karena kamu cerdas, tapi karena kamu rendah hati. Kamu pasti tahu, bahwa tidak ada orang yang mau datang minta bantuan pada orang yang sombong.

2. Kamu berbagi informasi

hellogiggles.com

Kamu tidak diam saja saat kamu mengetahui informasi yang mungkin membantu dan dibutuhkan rekanmu. Kamu tidak munafik dan sok tidak tahu padahal kamu tahu.

3. Kamu mengatakan apa yang kamu pikirkan

fanpop.com

Kamu tidak menyembunyikan apa yang kamu pikirkan di hadapan rekanmu. Kalau ada yang kamu tidak suka, kamu menyuarakannya dan kalau kamu ingin bicara sesuatu, kamu akan langsung menuju pada yang bersangkutan.

Baca juga: 7 Cara Menyampaikan Resign Kerja yang Elegan di Kantor

4. Kamu tidak mencoba mendominasi

fanpop.com

Kamu tidak bossy dan merasa unggul daripada yang lain. Walaupun mungkin semua orang tahu kamu memang unggul, tapi kamu tidak congkak dan selalu berusaha mendominasi meeting.

5. Kamu tidak pernah memberi pengaruh negatif

imdb.com

Sebaliknya, kamu memberi pengaruh positif. Kamu membuat rekanmu yang tadinya malas menjadi semangat. Walau kamu tidak pernah menasihati secara langsung, tapi kamu menunjukkannya lewat sikapmu.

6. Kamu tahu kapan harus berkata tidak

crosswalk.com

Rekan yang baik bukanlah rekan yang tidak pernah menolak, tapi justru tahu kapan harus menolak. Kamu melakukan semuanya sesuai dengan kapasitasmu. Tidak mencoba melebihkan atau mengurangi.

Baca juga: 7 Cara Dapatkan Pekerjaan Impian Walau Belum Punya Pengalaman Cukup

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya