TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tanda Nyata Kalau Kamu Sudah Terlalu Stress dengan Pekerjaanmu

Saatnya liburan...

thoughtcatalog.com

Jika pekerjaanmu memang menumpuk dan membutuhkan konsentrasimu secara berlebihan, jangan hanya peduli pada kesehatan badanmu saja. Kamu juga butuh peduli dengan kesehatan mentalmu yang artinya jangan sampai kamu stres karena pekerjaan tersebut.

Berikut adalah 6 tanda kamu sudah terlalu stres dengan pekerjaanmu dan kamu butuh liburan. Jangan memaksakan untuk memforsir tenagamu. Kalau dibiarkan terus lama-lama kamu bisa muak dan akhirnya menyerah dengan pekerjaanmu, lho.

1. Kamu sering sakit kepala tanpa alasan yang jelas

thebalance.com

Tanpa kamu sadari, pekerjaanmu telah menyita seluruh perhatianmu sampai kamu lupa untuk istirahat. Akibatnya, kamu sering sekali sakit kepala tanpa alasan yang jelas. Kamu jadi tidak nyaman saat mengerjakan semuanya padahal kamu dikejar deadline.

2. Kamu memiliki masalah dengan jam tidurmu

thebalance.com

Kamu jadi cemas dan tidak tenang. Makanya, itu berpengaruh pada jam tidurmu yang tidak karuan. Bukan hanya itu, kamu jadi sosok yang tidak fokus. Moodmu naik turun seperti roller coaster dan kamu harus segera bertindak sebelum kamu kehilangan kendali akan emosimu sendiri.

Baca juga: Waspada, 5 Hal Ini Bisa Membuat Usaha yang Dijalankan Sulit Berkembang

3. Kamu gampang sekali berkeringat

pinterest.com

Saat baru menyentuh pekerjaanmu, kamu langsung berkeringat dan merasa tidak betah duduk di kantormu. Tubuhmu sudah memperingatkanmu, tandanya kamu butuh istirahat dari rutinitasmu yang sangat padat.

4. Kamu suka cemas dan terbayang dengan pekerjaan walaupun tidak sedang di kantor

huffingtonpost.com

Bahkan sekalipun kamu sedang ada di rumah, kamu masih saja terbayang dengan pekerjaanmu dan menganggap kamu tidak bisa kalau tidak memikirkannya. Kamu jadi cemas dan tidak bisa melakukan aktivitas dengan tenang.

5. Kamu sering kerja lembur

coworker.com

Hampir setiap hari kamu kerja lebih dari jam kerja seharusnya. Bahkan, kamu juga tetap bekerja di akhir pekan. Pekerjaanmu bisa membuatmu stres kalau seperti ini terus. Kamu perlu jeda sejenak.

Baca juga: Ketahui Karir Terbaik Kamu dari Zodiakmu!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya