TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Sukses Bekerja dengan Tim, Jaga Komunikasi!

Bekerja dengan tim bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan

ilustrasi bekerja tim (unsplash.com/Redd F)

Tempat kerja memang menjadi lokasi di mana para pegawai berusaha untuk saling menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Sebetulnya selama ini ada kesalahpahaman di antara para pegawai dengan menganggap bahwa tugas-tugas dalam bekerja hanya terbatas pada tugas individu semata.

Pada kenyataannya bekerja juga sering dilakukan bersama dengan tim, sehingga memang memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Ada beberapa tips penting berikut ini yang perlu dilakukan agar nantinya bisa bekerja dengan sukses bersama dengan tim.

1. Menjaga kualitas komunikasi

ilustrasi rekan kerja (unsplash.com/Austin Distel)

Komunikasi menjadi landasan utama yang harus dijaga oleh setiap pegawai tanpa terkecuali. Hal ini karena memang kualitas dari komunikasi akan sangat menentukan hasil pekerjaan yang diperoleh, sehingga kamu tidak boleh sampai menyepelekan hal yang satu ini.

Jika memang ingin proses bekerja berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal, maka kualitas komunikasi pun harus diperbaiki nantinya. Jika kualitas komunikasi pada timmu ternyata baik, maka kesuksesan pun bisa diperoleh bersama.

2. Jalin kebersamaan dengan baik

ilustrasi bekerja tim (unsplash.com/Redd F)

Sebetulnya hubungan apap un memang harus memiliki kualitas bonding yang baik, termasuk dalam hal ini adalah tim dalam bekerja. Pada kenyataan yang membangun bonding dan kebersamaan dengan tim bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan karakter yang cenderung berbeda-beda.

Kunci utama yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan berusaha menjalin kebersamaan dengan baik, termasuk pada saat berinteraksi satu sama lain. Biasanya diperlukan quality time tertentu untuk membantu mengeratkan kualitas bonding yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Tips Bangun Kepercayaan Diri Bekerja dengan Tim, Jangan Minder!

3. Saling bertanggung jawab dengan tugas masing-masing

ilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memang pada dasarnya bekerja secara tim bukan hanya selalu dikerjakan bersama-sama. Namun, biasanya ada tugas-tugas yang juga dibagi untuk masing-masing individu agar nantinya bisa disatukan, sehingga bisa menyelesaikan proyek tersebut dengan baik dan sesuai.

Kunci penting untuk memperoleh kesuksesan dalam bekerja secara tim adalah dengan saling memegang tanggung jawab yang baik. Jika bisa saling menyelesaikan tugas masing-masing sesuai dengan tanggung jawab yang ada, maka kesuksesan pun bisa diperoleh bersama-sama.

4. Mau saling mendengarkan

ilustrasi persaingan kerja (pexels.com/fauxels)

Kunci penting dari kesuksesan dalam bekerja secara tim adalah mampu mengesampingkan sifat egois. Pada kenyataannya memang tidak mudah untuk menjaga diri dari sifat egois, apalagi dengan berbagai karakter-karakter yang dimiliki oleh masing-masing pihaknya.

Jika kamu dan tim mampu mengesampingkan sifat egois yang dimiliki dan mau untuk saling mendengarkan pendapat satu sama lain, maka nantinya proses bekerja secara tim tetap bisa dilakukan dengan baik. Justru jika kamu dan anggota lain justru cenderung enggan untuk mendengarkan masing-masing pendapat, maka akan sulit untuk menyatukan perbedaan yang ada.

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih suah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya