TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banjir Job, 5 Tips Jadi Freelancer dengan Banyak Klien

Tekankan pada kualitas sebagai prioritas utama

Ilustrasi seorang freelancer (Pexels/Ivan Samkov)

Bekerja dilakukan oleh hampir semua orang untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Ada yang bekerja secara penuh waktu, namun ada pula yang bekerja lepas atau paruh waktu.

Istilah pekerja lepas ini yang kemudian dikenal luas sebagai seorang freelancer. Meskipun termasuk pekerja dengan jenis pekerjaan yang beragam dan waktu yang fleksibel, namun profesi ini cukup menjanjikan.

Supaya bisa sukses menjadi seorang freelancer dengan banyak klien, kamu perlu melakukan beberapa hal. Di antaranya sebagai berikut ini, nih!

1. Tarif terbilang realitis

Ilustrasi pria memberikan uang tip (Pexels/Lukas)

Dalam menjajaki status sebagai seorang freelancer, tentu kamu sendiri yang berperan untuk membangun branding diri dengan tarif tertentu. Hal ini bisa untuk barang atau pun jasa yang kamu tawarkan.

Kamu perlu memahami seberapa kualitas pekerjaanmu, sehingga bisa mematok harga sewajarnya. Jangan sampai kamu tidak realistis dalam menentukan tarif, ya!

2. Konsisten meningkatkan kualitas

Ilustrasi seorang freelancer (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kualitas menjadi hal terpenting lainnya yang tidak boleh kamu sepelekan. Freelancer akan menawarkan jasa atau barang pada pelanggan dengan tarif tertentu.

Tentunya, para freelancer tidak boleh cepat puas dengan apa yang dihasilkannya. Harus selalu ada perbaikan dan peningkatan kualitas terhadap apa yang ditawarkan. Kamu bisa mengikuti kursus sesuai bidang agar kemampuan semakin berkembang.

Baca Juga: 5 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai Jika Ingin jadi Freelancer

3. Piawai dalam mempromosikan diri

Ilustrasi perempuan bekerja (Pexels/Karolina Grabowska)

Menjadi freelancer pada awalnya memang tidak mudah. Hal ini semakin sulit bila kamu tidak tahu cara memperluas koneksi dan mengenalkan diri pada orang lain.

Tak heran bila kamu harus memiliki kemampuan untuk piawai dalam mempromosikan diri. Lewat cara tersebut, orang-orang akan mengenalmu secara maksimal. Saat ini, cara termudah yang bisa dilakukan melalui media sosial. Manfaatkan dengan baik, deh.

4. Tepat waktu dalam mengerjakan pekerjaan

Ilustrasi durasi bekerja (Pexels/Ono Kosuki)

Para pelanggan yang menggunakan jasa para freelancer biasanya memiliki harapan tersendiri untuk dapat diselesaikan pekerjaannya dengan tepat. Tidak hanya baik secara kualitas, namun juga tidak sampai memakan waktu lama.

Kamu harus mampu memegang komitmen untuk tidak mengulur waktu dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Pastikan pekerjaan dapat selesai dalam kurun waktu yang telah disepakati. Dengan begitu, klien akan kembali padamu jika membutuhkan.

Baca Juga: 5 Bidang Pekerjaan yang Banyak Membutuhkan Jasa Freelancer, Berminat?

Verified Writer

Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya