TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Buruk yang Mungkin Terjadi jika Kamu Menolak Kerja Lembur

Salah satunya bakal susah dapat promosi 

ilustrasi lembur (pexels.com/Ron Lach)

Bukan rahasia bila lembur adalah hal yang lumrah terjadi dalam dunia kerja. Biasanya hal tersebut dilakukan ketika ada tugas pekerjaan yang sifatnya sangat penting atau sebagai sarana bagi atasan untuk menguji dedikasi serta loyalitas bawahannya dalam bekerja.

Namun, gak semua karyawan mau untuk bekerja lembur. Hal ini disebabkan banyak yang berpendapat bahwa kerja lembur itu bertentangan dengan prinsip work-life balance. Namun bagaimanapun juga, kamu harus mencoba menyingkirkan anggapan tersebut. Sebab, ada beberapa hal buruk yang akan kamu terima jika gak mau kerja lembur. Apa saja?

1. Menurunkan tingkat kepercayaan atasan atau rekan kerja

ilustrasi atasan dan bawahan di dunia kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Pertama, tingkat kepercayaan atasan atau rekan kerja padamu pasti akan menurun. Bisa dikatakan, bahwa bersedia untuk bekerja lembur merupakan sebuah tanda kamu adalah karyawan yang layak dipercaya dan dapat diandalkan.

Jika permintaan untuk kerja lembur itu ditolak, maka kamu akan susah sekali untuk mendapatkan kepercayaan yang sama dari mereka. Maka dari itu, cobalah untuk lebih bijaksana dalam memutuskan apakah kamu mau kerja lembur atau gak.

Baca Juga: 5 Tanda Karyawan yang Egois di Tempat Kerja, Jangan Ditiru

2. Kamu bakal susah mendapatkan promosi

ilustrasi karyawan kantor (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Mendapatkan promosi atau kenaikan pangkat jabatan dalam perusahaan adalah impian semua karyawan. Salah satu cara untuk bisa mendapatkannya adalah lewat kesediaan dan kesanggupan seorang karyawan untuk bekerja lembur. Sebab ini menunjukkan bahwa ia adalah sosok karyawan yang siap mengemban tanggung jawab lebih.

Lantas, bagaimana jika kamu malah menolaknya? Bisa dipastikan bahwa perjalanan kariermu bakal mentok di satu titik saja karena sudah membuang kesempatan emas tersebut.

3. Kamu akan tumbuh menjadi sosok karyawan yang egois

ilustrasi diskusi (pexels.com/cottonbro)

Hal buruk lainnya yang bisa terjadi kalau kamu selalu gak mau disuruh kerja lembur adalah bisa membuatmu tumbuh menjadi sosok karyawan yang egois. Hal seperti ini yang harus dianggap serius karena akan berpengaruh sangat besar terhadap kariermu. Asal gak berlebihan dan mengganggu kehidupan pribadimu, kamu boleh sesekali mengiyakan permintaan untuk kerja lembur.

Jika malah menolak, maka kamu akan terbiasa bersikap egois dan apatis dalam hal pekerjaan. Lagi pula, kamu harus ingat bahwa gak ada satupun perusahaan yang mau mempekerjakan karyawan yang hanya mementingkan dirinya sendiri dan gak mau berkontribusi untuk kemajuan perusahaan.

4. Mendapatkan penilaian minus

ilustrasi bergosip di tempat kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Terkadang, ada saja penilaian minus yang kerap dialamatkan kepada karyawan yang selalu menolak kerja lembur. Biasanya karyawan yang seperti itu dinilai sebagai sosok karyawan yang pemalas dan gak serius dalam hal pekerjaan.

Sebenarnya mau bekerja lembur atau gak itu adalah pilihanmu. Namun, kamu harus memilih untuk melakukannya karena itu akan berpengaruh sangat besar terhadap nilai dirimu di mata rekan-rekan kerjamu.

Baca Juga: 5 Sebab Atasan Tak Percaya saat Kamu Mengadukan Ulah Rekan Kerja

Verified Writer

Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya