Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Jadi Enterpreneur, Pasti Sukses!

Sukses dalam bisnis bukan lagi angan-angan

Menjadi seorang enterpreneur adalah keinginan banyak orang. Memiliki usaha sendiri tentu memberi fleksibilitas dalam bekerja. Kita dapat mengatur usaha seperti apa yang akan dijalankan beserta dengan mekanismenya.

Meski begitu, ada beberapa tahapan yang harus dipersiapkan bila benar-benar ingin terjun sebagai enterpreneur. Hal ini untuk memperkecil potensi kegagalan dalam membuka usaha. Simak lima hal yang wajib dipersiapkan sebelum jadi entrepreneur berikut ini!

1. Pilih produk atau layanan apa yang hendak dipasarkan. Pastikan dengan cermat agar tidak kebingungan di tengah jalan

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Jadi Enterpreneur, Pasti Sukses!unsplash/heftiba

Langkah pertama yang harus dipastikan saat ingin membuka usaha sendiri ialah pemilihan produk yang dipasarkan. Kamu perlu menentukan barang atau jasa seperti apa yang bakal dijual  kepada konsumen serta memastikan produk bisnis yang akan membantu dalam perencanaan usaha ke depannya.

2. Perjelaslah sumber biaya bisnismu! Jangan sampai hanya modal nekat!

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Jadi Enterpreneur, Pasti Sukses!pixabay/stevepb

Selain menentukan produk usaha, kamu juga harus memperjelas sumber biaya bisnis. Kamu perlu merinci dari mana dan seberapa besar biaya yang dibutuhkan. Perjelas pula kegunaan biaya yang diperoleh selama menjalankan bisnis. 

Tahapan ini sangatlah krusial sebab bila tidak ada kejelasan sumber biaya serta penggunaannya, akan berpengaruh pada roda bisnis yang sedang dijalankan. Jadi, jangan cuma modal nekat saja, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Siap Buka Usaha Sendiri, Jangan Takut

3. Rekrutlah orang yang sesuai dengan kebutuhan usaha! Kamu tidak akan bisa menjalankan bisnis sendirian

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Jadi Enterpreneur, Pasti Sukses!unsplash/austindistel

Dalam menjalankan bisnis, kamu tidak dapat melakukannya sendirian. Kamu membutuhkan rekan yang sesuai dengan kebutuhan usaha. Untuk itulah, kamu perlu merekrut orang yang cocok mengisi posisi yang dibutuhkan. 

Perekrutan personel tidak hanya akan membantu usaha yang sedang berjalan. Proses ini juga sekaligus membuka lebar peluang kerja bagi banyak orang di luar sana. Angka pengangguran pun akan dapat berkurang berkat usaha yang kamu rintis.

4. Lakukan analisa dan strategi pemasaran sesuai dengan kondisi pasar. Jangan raba-raba pakai asumsi semata!

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Jadi Enterpreneur, Pasti Sukses!pexels/goumbik

Ketika kita akan memulai sebuah bisnis, tentu juga harus melihat peluang yang ada di pasar saat ini. Kebutuhan melakukan riset dan analisa, amat penting dilakukan agar dapat meracik formula untuk mengenalkan dan menjual produk kepada konsumen.

Tak cuma di awal usaha, riset dan analisa pasar juga harus dilakukan secara berkala agar mendapat banyak ide dalam mengembangkan produk. Hindarilah menggunakan asumsi yang belum tentu benar! Kemungkinan gagal akan besar bila hanya terpaku pada asumsi yang beredar dan tanpa data akurat. Gak mau kan bisnis yang hanya bertahan singkat?

5. Buatlah target bisnis yang sedang dikelola! Target ini akan menjadi patokan untuk meningkatkan kinerja bisnis

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Jadi Enterpreneur, Pasti Sukses!pixabay/photomix-company

Seperti halnya meraih mimpi, berbisnis juga perlu memasang target agar semakin terpacu meraih berbagai pencapaian. Untuk itu, kamu perlu menetapkan target yang jelas dan terukur.

Jangan terlalu bernafsu memasang target terlalu tinggi di awal. Ini dapat membebani usaha yang dirintis. Menyesuaikan target dengan kondisi bisnis, dibutuhkan agar nantinya ada perencanaan dalam mencapainya. Setelah menuntaskan suatu target, kamu perlu menetapkan target selanjutnya dan ulangi langkah serupa.

Menjadi enterpreneur memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan keuletan, kejelian, serta keberanian untuk mengambil risiko agar bisnis dapat terus tumbuh. Jadi, sudah siapkah kamu memulai bisnis sendiri?

Baca Juga: Gak Cuma Modal, Ini 6 Tips Sukses Membangun Usaha Sendiri

Topic:

  • Dewa Putu Ardita Darma Putera
  • Febriyanti Revitasari

Just For You