Comscore Tracker

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!

Ibu rumah tangga juga bisa dapat penghasilan, kok
Saat seorang wanita memutuskan untuk menikah lalu memiliki seorang anak, mereka akan berstatus sebagai ibu rumah tangga. Nah, tanggung jawab seorang ibu rumah tangga tidaklah sedikit. Sehingga, gak jarang wanita memilih untuk selesai bekerja setelah memiliki seorang anak demi melakukan tanggung jawab untuk mengurus anak dan melayani suami.
 
Namun, bagi kamu para ibu rumah tangga dan calon ibu rumah tangga gak perlu khawatir. Menjadi istri sekaligus ibu bukan berarti kamu gak boleh mengurus keluarga sambil bekerja. Nyatanya, masih ada beberapa pekerjaan yang fleksibel dan bisa kamu lakukan di rumah tanpa mengganggu aktivitasmu bersama keluarga, kok. 
 
Bahkan, mungkin di antara hobi dan keterampilan yang kamu miliki saat ini sebenarnya tanpa disadari bisa menghasilkan juga. Moms, langsung saja simak sepuluh pekerjaan yang bisa dijalankan ibu rumah tangga sambil mengurus keluarga berikut ini.

1. Usaha kuliner atau katering

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!pexels.com/Katerina Holmes

Saat ini, usaha kuliner menjadi usaha yang gak ada matinya, lho. Tentunya, ini menjadi peluang usaha yang cocok bagi kamu yang sudah jadi ibu rumah tangga yang punya hobi memasak.

Kamu juga gak perlu bingung untuk menyewa tempat sebagai lokasi produksi, untuk menghemat biaya kamu bisa melakukannya di rumah saja sambil mengurus keluarga. Gak ketinggalan, kamu pun bisa membuka jasa katering untuk acara rumahan seperti arisan dan acara lainnya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. 

2. Penulis lepas

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!pexels.com/Ketut Subiyanto
Bagi kamu ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis juga bisa mendapatkan penghasilan sambil mengurus keluarga di rumah. Nah, di era yang canggih seperti sekarang ini kamu bisa memanfaatkan hobimu sebagai penulis lepas.
 
Jadi, keuntungannya kamu bisa mengatur waktu sendiri, tanpa terikat dengan perusahaan. Artinya, kamu bisa menulis di mana dan kapan saja. Bisa sambil mengurus rumah dan keluarga.

3. Online shop reseller atau dropshipper

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!pexels.com/cottonbro
Bisnis yang satu ini memang banyak diminati oleh semua kalangan usia. Tentunya kerjaan ini juga cocok bagi ibu rumah tangga. Hanya bermodalkan handphone dan internet kamu, sudah bisa mendapat penghasilan tambahan dari berjualan online. 
 
Kamu bisa mendaftarkan diri menjadi reseller yaitu sebagai penjual yang kembali menjualkan barang yang sudah dibeli dari orang lain atau bisa sebagai dropshipper yaitu sebagai penjual dagangan milik orang lain tanpa kamu perlu menyetok barang.
 
Nah, setelah tahu perbedaan antara reseller dan dropshipper, kamu bisa menentukan sendiri nih bisnis mana yang lebih nyaman untuk kamu jalankan. Ingat, sebelum memilih menjalankan bisnis ini, cari agen yang sudah terpercaya agar kamu bisa menjalankan bisnisnya dengan aman.

4. Berkebun tanaman hias

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!pexels.com/cottonbro

Selain mahir dalam memasak, ibu rumah tangga juga biasanya jago dalam urusan berkebun tanaman hias, bukan? Tanaman hias seperti lidah mertua, adenium, anggrek, bonsai, anthurium dan tanaman hias lainnya nyatanya memang dapat mempercantik area rumah.

Selain itu, tanaman hias juga bisa menjadi ladang penghasilan yang bernilai tinggi, lho. Untuk memulai usaha ini kamu memang perlu keterampilan, ketekunan, dan kesabaran agar tanaman hias yang kamu tanam bisa tumbuh dengan baik.

5. Jasa les privat

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!pexels.com/Andrea Piacquadio
Pekerjaan selanjutnya yang bisa dilakukan ibu rumah tangga, adalah menjadi guru les privat. Modal yang wajib kamu butuhkan adalah keahlian dalam mengajar, serta buatlah tempat bagi anak-anak agar merasa nyaman belajar di rumahmu.
 
Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan, tentunya ilmu yang kamu miliki saat mengikuti pendidikan sekolah atau semasa kuliah akan sangat berharga jika bisa kamu ajarkan kepada generasi selanjutnya.
 
Karena, dengan pekerjaan ini kamu sekaligus dapat mengajari anakmu bersama murid-murid yang datang ke les privatmu. 

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Disyukuri jadi Ibu Rumah Tangga tanpa Asisten di Rumah

6. Jualan pulsa

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!pexels.com/Andrea Piacquadio
Di era digital seperti sekarang hampir setiap orang di berbagai kalangan usia membutuhkan pulsa untuk keperluan gadget mereka. Bukan hanya itu, saat ini sudah banyak orang yang beralih menggunakan token listrik prabayar yang juga menggunakan pulsa, lho!
 
Nah, ini bisa jadi peluang usaha untukmu berjualan pulsa. Kerjaan ini tentunya gak akan banyak menghabiskan waktu bagi kamu yang sedang sibuk mengurus anak dan keluarga. Kamu cukup daftarkan diri ke agen pulsa yang menyediakan deposit.
 
Tapi kalau gak mau ribet, kamu bisa menggunakan layanan e-commerce untuk membeli pulsa. Setelah itu kamu tinggal menawarkannya kepada tetangga, teman, atau lingkungan sekitarmu.

7. Jasa laundry

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!pexels.com/RODNAE Productions

Bagi kamu yang punya mesin cuci di rumah, bisa banget nih dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi, jika lokasi tempat tinggalmu strategis seperti di pinggir jalan dan dekat dengan area kos.

Tentunya anak kos cenderung memiliki waktu terbatas dan sibuk. Biasanya mereka akan mencari jasa laundry untuk membersihkan pakaian mereka secara praktis. Dengan menjalankan usaha jasa laundry ini, kamu sekaligus bisa mengurus keluarga dan mendapat penghasilan.

8. Membuat kerajinan tangan

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!pexels.com/Alex Green
Wanita memang identik dengan keahliannya dalam membuat berbagai kerajinan tangan. Jika kamu merasa memiliki keahlian ini gak ada salahnya untuk memulai, lho. Kerajinan tangan juga bisa bernilai tinggi dan menguntungkan jika kamu bisa mengolah dan mengemasnya dengan menarik.
 
Salah satu bisnis kerajinan tangan yang bisa kamu coba seperti merajut, jepit rambut, sulam, hiasan dinding, tas daur ulang, dan berbagai macam kerajinan tangan unik lainnya.

9. Jasa penata rias

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!pexels.com/Laura Garcia

Jika sejak remaja hingga menjadi ibu rumah tangga kamu sangat suka tentang dunia make up dan punya bakat merias jangan disia-siakan, lho. Nyatanya, jasa penata rias saat ini banyak dicari oleh banyak orang.

Modal yang kamu butuhkan tentunya alat make up yang lengkap. Selain itu, karena kamu membuka jasa ini di rumah dan tak perlu menyewa tempat, kamu pun bisa memasang tarif atau harga yang terjangkau bagi para pelanggan.

Entah itu untuk riasan untuk pengantin, acara wisuda, maupun acara kondangan. Lumayan, hobimu ini bisa memberikanmu penghasilan, kan?

10. Jasa menjahit pakaian

10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga, Fleksibel!pexels.com/cottonbro
Dengan bermodalkan mesin jahit dan memiliki keterampilan dalam menjahit, kamu juga bisa membuka jasa jahit di rumah. Pertama, kamu bisa mulai menawarkan jasa jahitmu di lingkungan sekitar, atau bahkan lewat online. Layanan jasa jahit yang bisa kamu terima bisa berupa menjahit pakaian, permak maupun servis pakaian yang robek.
 
Jika hasil jahitanmu rapi dan bagus, tentunya mereka akan terus datang kembali. Tentunya ini bisa jadi sumber penghasilan yang bisa dilakukan sambil mengurus keluarga di rumah.
 
 
Nah, itulah tadi beberapa pekerjaan yang bisa ibu rumah tangga lakukan sambil mengurus keluarga di rumah. Jadi, kamu gak perlu dilema lagi antara mengurus keluarga atau bekerja.
 
Kira-kira, pekerjaan mana yang cocok untuk kamu jalankan, nih? Perlu diingat juga, sebaiknya kamu memilih pekerjaan yang memang nyaman untuk kamu jalani agar tidak menjadi beban pikiran di kemudian hari. Semangat, Moms!

Baca Juga: 5 Prioritas Utama Mengatur Uang Bulanan bagi Ibu Rumah Tangga, Cermat!

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya