TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

12 Cara untuk Memanfaatkan Ruang Sempit di Bawah Tangga

Didekorasi biar kayak kamarnya Harry Potter bisa kali ya

Potret kamar Harry Potter yang berada di bawah tangga saat masih tinggal bersama keluarga Dursley (Ank Kumar, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons)

Bawah tangga merupakan spot yang seringkali tidak dimanfaatkan dengan baik. Kini, bahkan dengan budget terbatas, kamu tetap bisa mendesain nya dan menjadikan sudut sempit ini menjadi ruangan yang nyaman dan fungsional. 

Bagi yang sedang membangun rumah atau yang ingin merenovasi ruang di bawah tangga, selamat membaca beberapa ide di bawah ini ya! 

1. Ruang anak

Gambar ruang baca untuk anak(Instagram/brooke__krystin)

Tubuh anak yang mungil memudahkan mereka untuk mengakses ruangan sempit seperti ruang bawah tangga. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam mendesain ruangan ini adalah: keamanan anak, sirkulasi udara, dan penerangan.

Perhatikan tinggi dan kemiringan ceiling (langit-langit) yang rendah. Bila perlu, kamu dapat menempelkan sticker wall atau foam empuk pada langit-langit untuk meredam benturan.

Dilansir dari Archify, agar ruangan aman dan nyaman untuk anak, maka sesuaikanlah furnitur yang kamu pilih dengan ukuran tubuh anak. Misalnya, kamu dapat membuat tempat penyimpanan (storage) yang tidak terlalu tinggi sehingga mudah diakses oleh anak.

2. Ruang kerja

Ruang kerja minimalis (instagram/greyobsessedhouse)

Ruang kerja ini dapat diterapkan di ruang bawah tangga kamu bila ruangan di bawah tangga nyaman untuk ditinggali orang dewasa dalam waktu yang lama. Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan: sirkulasi udara, ketersediaan colokan, dan pencahayaan ruangan.

Untuk desain ruang kerja, konsep minimalis selalu cocok dengan ruang sempit. Dilansir dari Moving, kamu dapat menggunakan furnitur yang ramping: tidak boros tempat, namun tetap fungsional.

Selain itu, kamu dapat membuat ruang penyimpanan vertikal untuk memaksimalkan space. Intinya, rapih dan terorganisir penting agar ruangan tidak terlihat ‘sumpek’.

3. Powder room

toilet di bawah tangga (instagram/yamaner45)

Berbeda dengan toilet atau kamar mandi, powder room berfungsi sebagai ruangan untuk buang air saja, tanpa adanya shower atau ruangan untuk mandi. Powder room biasanya didesain sejak membangun atau merenovasi rumah total, karena pembuatan powder room membutuhkan jalur untuk pipa air dan septic tank.

4. Perpustakaan mini

Perpustakaan mini (instagram/mctavishinteriors)

Selain sebagai tempat menyimpan koleksi buku, perpustakaan mini dapat dijadikan ‘persinggahan’ saat kamu ingin membaca atau bekerja sambil melakukan aktivitas lain di rumah.

Pastikan sirkulasi udara di ruangan ini cukup baik, agar buku yang kamu simpan tidak mudah lembab dan berjamur. Selain itu, bila memungkinkan kamu dapat menyediakan kabel roll untuk menyalakan lampu atau alat elektronik lainnya.

Baca Juga: 9 Inspirasi Dekorasi Animal Printed, Rumah Kesan Mewah dan Chic

5. Ruangan untuk peliharaan

Kamar untuk anjing (instagram/the18thhomeonthestreet)

Serupa dengan tempat tinggal manusia, ruang peliharaan juga membutuhkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Kamu juga dapat menyediakan kabel roll atau colokan untuk ruangan ini, agar kamu dapat menaruh lampu atau kipas angin bila dibutuhkan.

6. Gudang di bawah tangga

Ruang penyimpanan (instagram/white_carpentry_ltd)

Kamu dapat mengubah ruang bawah tangga milikmu menjadi gudang kapanpun kamu mau. Cukup sediakan rak dan tirai, maka jadilah ruang penyimpanan yang serbaguna.

Namun bila memutuskan untuk membuat lemari atau kabinet, kamu perlu memerhatikatikan material yang akan digunakan. Pilihlah material yang awet, aman, dan cocok dengan desain yang kamu impikan.

7. Ruang santai

Ruang santai (instagram/heugahinteriorsltd)

Kamu dapat mendesain ruangan santaimu dengan bebas. Namun bila rumahmu memiliki lahan terbatas, kamu dapat menggunakan furnitur multifungsi dan compact untuk melengkapi desain ruangan ini.

Misalnya, kamu dapat memilih meja dengan laci penyimpanan atau meja yang mudah dilipat. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan area sempit serta agar rumah terlihat lebih rapih dan luas. 

8. Sudut aesthetic dan fungsional

Laci di bawah tangga (instagram/estoringnumbersix)

Bila ruangan di bawah tangga tidak memungkinkan untuk dialih fungsikan sebagai ruangan, maka menaruh kabinet kecil adalah ide bagus untuk menambah kapasitas penyimpanan rumah.

Kamu dapat meletakkan pajangan, seperti foto, tanaman gantung atau tanaman di pot, lampu belajar, atau bahkan akuarium kecil. Sesuaikan desain area ini dengan desain ruangan lain agar vibes area ini menyatu dengan seisi rumah.

9. Mini garden

Taman di bawah tangga (instagram/regina.armacka)

Kesan hijau memang sangat membantu untuk mendapatkan ketenangan dan meneduhkan suasana rumah. Bila kamu adalah tipe orang yang tidak suka berkebun, kamu dapat memilih tanaman dalam pot. Pilihlah tanaman yang memerlukan sedikit paparan sinar matahari agar tanaman kamu tetap dapat tumbuh subur di dalam ruangan.

10. Service room

Laundry dan service room (instagram/mrsmc.home)

Ruang servis (service room) merupakan ruangan yang berisi peralatan kebersihan, seperti sapu, pel, vacuum cleaner, sabun pembersih, mesin cuci, dan lainnya. Namun untuk mewujudkannya, kamu perlu perhatikan hal ini.

Serupa dengan gudang, area service room membutuhkan sirkulasi udara yang baik dan kelembaban yang rendah. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap dan rusaknya peralatan akibat kelembaban yang tinggi.

11. Kolam ikan mini

Ilustrasi kolam ikan indoor (Pexels/Ryutaro Tsukata)

Bagi kamu pencinta ikan, memiliki kolam ikan di rumah dapat mengubah suasana rumah menjadi lebih syahdu. Gemericik air yang menenangkan, serta adanya ikan yang eksotis dapat menambah kecantikan sudut rumah kamu.

Untuk membuat kolam ikan, kamu membutuhkan saluran pembuangan air serta colokan untuk pompa dan filter air. Bila tidak memiliki saluran pembuangan, maka aquarium dapat menjadi pilihan yang pas.

Baca Juga: 10 Ide Dekorasi Meja Makan untuk Perayaan Natal, Mudah Ditiru!

Writer

Bangarani Masah Nadila

Queen of Home a.k.a Ibu Rumah Tangga. Penulis lepas yang suka sharing tentang printilan sehari-hari. Q: Ingin jadi apakah kamu kelak? A: Ingin menjadi manusia bermanfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya