TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Dekorasi Colorful untuk Ruang Tamu agar Mudah Ditata Ulang!

Dekorasi hemat biaya rekomendasi dari desain interior

ilustrasi ruang tamu colorful (pixabay.com/alejo15084)

Ruang tamu yang mudah gonta-ganti tema tentu menjadi idaman semua pemilik rumah. Oleh karena itu, meskipun ruang tamu ingin didekorasi penuh warna pastikan sementara agar mudah tidak tahu ulang. 

Ada tips dekorasi ruang tamu yang mudah ditata ulang meskipun berkali-kali membawa banyak warna. Berikut ini, tips dari beberapa desain interior lebih hemat biaya yang menarik untuk diikuti.

Baca Juga: 5 Tips Menyambut Tamu dengan Hangat saat Silaturahmi Lebaran

1. Fokus pada pemilihan karpet

ilustrasi ruang tamu (pixabay.com/Pexels)

Kamu tidak perlu mengganti warna lantaimu untuk membuat ruang tamu lebih berwarna. Saran dari Brad Ramsey, desainer utama dan pendiri studionya sendiri di Nashville kamu hanya membutuhkan permadani baru dan voila ruangan itu sudah cukup merubah total. 

Alasannya, permadani atau karpet dapat memberikan tekstur, pola atau warna pada ruangan. Kamu bisa memilih pola modern warna padat jenuh, tekstur organik lembut atau barang antik yang mengubah nuansa rumah. 

2. Mainkan tekstur dan elemen kontras

ilustrasi bantal di atas sofa (pexels.com/Jonathan Borba)

Tips dekorasi ruang tamu penuh warna tapi mudah ditata ulang kamu bisa memainkan tekstur dan elemen kontras. Misalnya, jika mempunyai sofa kulit atau beludru pakai permadani goni. 

Kemudian tambahkan permadani yang lebih terang dan kecil di atasnya. Ini merupakan saran dari desain interior Ramsey untuk mengkontraskan dan memberikan sentuhan seni untuk menghasilkan dekorasi ruang tamu berwarna tapi tetap menyenangkan. 

3. Hidupkan tirai dengan warna

ilustrasi ruang tamu (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Mimi Meacham, pendiri dan desainer utama Marian Louise Designs mengatakan kalau tirai warna-warni dapat memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya. Maka dari itu, buat bingkai jendela dengan motif yang menyenangkan dan penuh warna atau pilih kain berwarna solid dengan trim yang bagus. 

Meacham lebih menyarankan warna yang lebih gelap dan lebih berat untuk dipadukan dengan tekstur beludru dan wol. Dekorasi ini menambah kesan lembut tapi memberikan dampak bagus untuk ulangan. Bila kamu suka yang lebih terbuka atau kain tipis bisa menciptakan kesan ringan untuk ruang tamu colorful.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Ruang Tamu Rumah Lebih Segar Menjelang Lebaran, Yuk!

4. Bawa warna dari alam

ilustrasi ruang tamu (pexels.com/Team Picsfast)

Tips dekorasi ruang tamu yang lebih hidup dan berwarna bisa juga dengan masukkan tanaman dalam ruangan. Tanaman warna-warni dapat memberikan suasana gembira dalam ruangan. 

Hanya saja pada area sinar matahari minim cobalah tanaman yang perawatannya lebih rendah. Kamu bisa memiliki tanaman bunga kering atau palsu ke rak kosong, rak buku tangga atau pintu masuk. 

Verified Writer

Risa Fitriana

Content Writer | IG @fitrianrysaa_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya