TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Menata Kamar Kos Sempit Biar Rapi dan Lebih Luas

Jadi gak sumpek, deh!

usatoday.com

Kamar kos umumnya memiliki luas ruang yang tidak begitu besar. Oleh karena itu, kamar sering terasa sesak dan sempit. Padahal, kita bisa lho menyiasati penataan dan juga trik lain supaya kamar kos terlihat luas. Beberapa di antaranya adalah dengan cara berikut!

1. Gunakan sedikit varian warna

arsitag.com

Apabila kamu bisa merombak kamar kos milikmu, pilihlah perabot, cat dinding, dan lantai dengan warna netral. Ruangan yang sempit akan makin terlihat penuh apabila banyak warna bermain di dalamnya. Pilih warna putih atau krem yang paling 'aman' untuk ruangan. 

2. Susun perabot merapat ke dinding

housebeautiful.com

Luas kamar kos yang gak begitu besar akan semakin terasa sempit apabila perabot kamar menumpuk di tengah. Oleh karena itu, sebaiknya kita merapatkan perabot besar ke dinding untuk menciptakan space kosong di tengah.

Baca Juga: 9 Dekorasi Kamar Kos Pakai Tanaman Kering, Estetis bak Kamar Tumblr!

3. Pakai perabot portabel untuk menghemat space

cellini.co.id

Kamar yang sempit akan semakin terlihat sesak apabila terlalu banyak perabot berukuran besar di dalamnya. Oleh karena itu, kita bisa menyiasati perabot ini dengan perabot portabel seperti meja lipat untuk meja belajar sekaligus meja makan dan kursi lipat. Dengan begini, kita bisa mengurangi penggunaan perabot besar, sekaligus lebih hemat!

4. Sulap bagian bawah ranjang jadi tempat penyimpanan barang

dekoruma.com

Kendala dari minimnya perabot di kamar kos adalah kurangnya tempat penyimpanan barang. Oleh karena itu, kita bisa menyulap bagian bawah ranjang kita untuk menjadi tempat penyimpanan barang tambahan. Cara ini tentu membuat kamar jadi rapi dan multi fungsi!

5. Pasang cermin besar di dinding atau tepi kamar untuk memberi kesan luas

trendir.com

Untuk memanipulasi ruangan supaya terlihat lebih luas, kita bisa memasang cermin besar di dinding atau tepi kamar. Pantulan cermin yang dihasilkan bisa membuat ruangan terlihat dua kali lebih luas.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Kamar Makin Terlihat Estetik, Bisa untuk Kamar Kos Nih!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya