TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Mitos Desain Interior yang Menurut Ahli Masih Dipraktikkan

Apakah cat dinding putih masih bisa disebut trendi?

inspirasin dekorasi ruang tamu ala Desainer Interior Nate Berkus (instagram.com/nateberkus)

Dewasa ini banyak orang memilih untuk tidak meminta bantuan ahli ketika mendekorasi rumah. Di sisi lain, ini memunculkan beberapa mitos soal desain interior yang justru sering kali terus dipraktikkan. Nate Berkus, seorang desainer interior sekaligus pembawa acara dari HGTV, menjelaskan sejumlah mitos terkait desain interior sebaiknya ditinggalkan.

Sayangnya, deretan mitos terkait desain interior sudah meluas hingga banyak orang menganggap benar. Maka dari itu, untuk membenahi kesalahpahaman terkait aturan desain interior tersebut, Nate Berkus melalui media sosialnya membocorkan sejumlah mitos terkait desain interior yang selama ini dipercaya banyak orang.

Baca Juga: 5 Hal tentang Desain Interior Modern Rustic yang Perlu Kamu Tahu

1. Semua bagian furnitur harus matching

inspirasi desain interior di dalam hunian (unsplash.com/Douglas Sheppard)

Banyak orang mungkin masih percaya dekorasi interior yang sangat cocok satu sama lain bahkan seragam merupakan kunci estetika. Faktanya, Nate Berkus sama sekali tidak setuju dengan teori satu ini.

Jika itu maksudnya mengenai teori desain interior di masa lalu, mungkin bisa saja. Namun, kini furnitur yang dipadankan satu sama lain dalam sebuah ruangan di hunian sudah tidak lagi mencerminkan desain interior yang baik.

Menurut Nate Berkus, terlalu mencocokan atau memadu-padankan furnitur ini justru membuat ruangan terasa begitu kuno dan formal. Kamu juga mungkin akan merasa ruangan tersebut terasa terlalu kaku, monoton, dan membosankan.

Daripada menyeragamkan furnitur yang serupa, Nate menyarankan untuk fokus pada penentuan tema utama dari gaya desain interior suatu hunian terlebih dahulu. Kemudian, tak masalah jika setiap bagian furnitur berbeda-beda, asalkan terasa selaras dan saling melengkapi saat menjadi sebuah kesatuan.

2. Dinding putih itu membosankan

inspirasi hunian dengan cat dinding putih (unsplash.com/Peng Chen)

Dekorasi hunian menggunakan warna cat dinding putih sering kali menjadi topik hangat dalam dunia desain interior. Tentu saja banyak orang yang masih menyukai warna netral satu ini. Di lain sisi, ada banyak juga pandangan kritisi atau sinis terhadap penggunaan cat dinding warna putih yang seakan tak pernah lekang oleh waktu ini. Cat dinding putih kini dianggap membosankan, kurang menarik, terlalu datar dan tidak punya daya tarik tersendiri.

Berbeda dengan pendapat tersebut, Nate Berkus juga tidak setuju jika cat dinding putih sudah tidak lagi menarik. Menurut Nate, apa yang membuat cat dinding putih membosankan itu tergantung bagaimana tekstur dan bentuk furnitur yang dimainkan di dalam ruangan bercat putih tersebut.

Semua itu juga bergantung pada karya seni atau hiasan yang digantung di dinding putih polos tersebut. Faktanya, dinding putih dapat menjadi penyelelaras yang indah saat kamu ingin banyak mengeksplor isi ruangan dengan banyak furnitur dan elemen dekoratif unik di dalam rumah.

Baca Juga: 8 Ide Dekorasi Kamar Mandi, dari Gaya Kuno Klasik hingga Kekinian

Verified Writer

Nadhifa Salsabila Kurnia

Menulis dimana saja dan kapan saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya