TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Langkah DIY Tempat Lilin dari Pipa Bekas, Gak Butuh Banyak Bahan!

Bisa kamu buat langsung di rumah

iustrasi tempat lilin dari pipa bekas (www.homify.com)

Punya pipa yang tidak terpakai lagi? Yuk, sulap pipa bekas tersebut menjadi satu hal yang lebih bermanfaat.

Misalnya, menyulap pipa bekas menjadi tempat lilin. Tidak hanya sebagai tempat lilin, tapi hasilnya bisa untuk mempercantik ruangan, utamanya ditaruh di meja makan. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Persiapkan alat dan bahan

iustrasi alat dan bahan (pexels.com/Pixabay)

Dalam pembuatan tempat lilin dari pipa bekas ini, diperlukan bahan dan peralatan. Adapun rincian bahannya sebagai berikut:

  • Pipa bekas yang berukuran kecil
  • Sambungan pipa siku atau elbow
  • Lem pipa
  • Amplas

Untuk memudahkan proses pembuatan tempat lilin ini, tentunya diperlukan alat juga. Nah, berikut ini alat-alat yang dibutuhkan:

  • Gergaji
  • Gunting

Baca Juga: 5 Ide Kreatif Manfaatkan Kertas Bekas, Bisa Jadi Cuan!

2. Menyusun kerangka

iustrasi menyusun kerangka (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Sebelum membangun tempat lilin, penting untuk membuat kerangka terlebih dahulu. Dengan adanya kerangka, kamu akan dimudahkan untuk membangun tempat lilinnya nanti.

Kerangka tempat lilin ini disesuaikan dengan jumlah pipa yang kamu miliki. Jika kamu hanya memiliki 3 batang pipa bekas, maka berarti tempat lilin yang akan jadi adalah 2, dengan satu bagiannya sebagai dudukan.

3. Amplas ujung pipa untuk memasukkan sambungan pipa elbow

iustrasi mengamplas pipa (pexels.com/Anna Tarazevich)

Sambungan pipa elbow atau siku akan bertujuan untuk menyambung pipa. Biasanya, sambungan ini memiliki lubang yang cukup kecil. Itulah sebabnya pada bagian ujung pipa harus diamplas.

Untuk itu, amplas bagian ujung pipa hingga memiliki ukuran yang lebih kecil atau tipis. Perlu diingat, jangan terlalu lama dalam mengamplas, sebab jika terlalu lama mengamplas ukuran pipa justru menjadi longgar untuk dimasukkan ke sambungan pipa elbow dan berakhir gagal.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Lilin Aromaterapi, Tertarik Mencoba? 

Verified Writer

Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya