TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Lilin Darurat saat Listrik Padam

Mudah dibikin dari bahan-bahan sederhana

ilustrasi lilin dari jeruk (pixabay.com/3438312)

Pemadaman listrik menjadi situasi yang datang tiba-tiba. Entah karena hujan badai yang lebat atau gangguan listrik, seringkali kita tidak siap saat listrik padam. 

Lilin habis, baterai senter habis, dan masalah lainnya kerap muncul ketika listrik mati. Kalau berada dalam situasi seperti itu, jangan panik ya. 

Tenangkan diri dan carilah benda yang dapat membuat cahaya. Tidak harus benda yang merepotkan, kita bisa memanfaatkan bahan dapur sebagai lilin, lho. Simak, yuk!

1. Minyak goreng

ilustrasi minyak goreng (pexels.com/RODNAE Productions)

Lilin darurat yang paling mudah dibuat adalah lilin dari minyak goreng. Apapun jenis minyak gorengnya, masih baru atau bekas, semua bisa dibuat jadi lilin. 

Selama menaruhnya dalam wadah tahan api, kita tinggal menaruh sumbu dan membakarnya. Sebaiknya, taruh lilin ini ke dalam wadah yang tertutup dan lubangi sebagai tempat sumbu. Tapi jika tidak ada, kita bisa menjepit sumbu dengan jepitan kertas. Simpel banget! 

Baca Juga: 7 Ide Kreatif Pemisah Ruang untuk Interior Super Keren 

2. Mentega

ilustrasi mentega (unsplash.com/Sorin Gheorghita)

Pembuatan lilin dari mentega ini sangat sederhana, lho. Cukup potong persegi panjang mentega, masukkan sumbu di tengahnya, dan nyalakan. 

Pastikan untuk menaruh mentega di atas permukaan kaca atau logam. Ini untuk memastikan lelehan mentega tidak menetes ke mana-mana. Dari laman Treehugger, satu sendok makan margarin dapat membuat lilin menyala selama 1 jam, lho. Irit, kan?

3. Daging dan ikan kaleng

ilustrasi ikan kalengan (picabay.com/ds_30)

Semua jenis daging atau ikan dalam kaleng bisa dijadikan sumber cahaya sementara karena kandungan minyaknya. Dengan menggunakan palu dan paku bersih, lubangilah tutup kaleng. Kemudian, masukkan sumbu ke dalam  kaleng, diamkan beberapa menit sampai minyak meresap, dan nyalakan.


Jangan takut daging atau ikan di dalam kaleng jadi rusak setelah digunakan sebagai lilin. Selama menggunakan paku dan sumbu yang bersih, kita tetap bisa menggunakan daging atau ikan kalengan tersebut sebagai bahan masakan. Multifungsi kan? 

4. Minyak daging

ilustrasi daging (unsplash.com/Jez Timms)

Ketika memasak daging, tak sedikit minyak yang keluar dari daging. Minyak tersebut bisa kamu simpan, karena kita bisa memanfaatkannya sebagai lilin. 

Untuk membuatnya, kita perlu menuang minyak ke dalam wadah kaca yang sudah ditaruh kapas dan sumbu. Biarkan minyak meresap ke dalam kapas dan nyalakan.

5. Mentega putih

ilustrasi mentega putih (unsplash.com/Heather Ford)

Hanya dengan melubangi bagian tengah mentega putih dan menaruh sumbu ke dalamnya, lilin darurat ini akan menyala 24-30 jam tergantung dari ukuran wadah.

Kita perlu menggunakan tusuk sate untuk membuat lubang hingga ke dasar kaleng. Setelah itu, masukkan sumbu lebih panjang sedikit dari tinggi kaleng ke dalam lubang itu. Untuk meningkatkan daya bakar lilin ini, kita perlu lumuri bagian atas sumbu dengan mentega putih. Selamat mencoba! 

Baca Juga: 5 Ide Kreatif Manfaatkan Pakaian Lama, biar Gak Menumpuk di Lemari

Verified Writer

IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya