TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Cara Mencuci Sepatu di Mesin Cuci dengan Mudah dan Aman

Namun, gak semua sepatu bisa dicuci dengan mesin cuci

ilustrasi mencuci sepatu di dalam mesin (pexels.com/Andrey Matveev)

Dengan mengenakan sepatu, aktivitas harian jadi lebih nyaman. Sayangnya, seiring waktu, sepatu juga memiliki kecenderungan untuk kotor dan berbau tidak sedap. Untuk itu, kamu perlu mencucinya jika memang dibutuhkan.

Nah, selain mencuci sepatu dengan tangan, kamu dapat melakukannya menggunakan mesin cuci, lho. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan ketika menerapkan cara mencuci sepatu di mesin cuci. Ini diperlukan supaya sepatu tidak rusak. Berikut tips dan triknya. 

Baca Juga: Begini 3 Cara Mencuci Sepatu Kulit Biar Tetap Awet

1. Pilih jenis sepatu yang bisa dicuci di mesin cuci

ilustrasi memilih sepatu (pexels.com/MART PRODUCTION)

Sebelum mencucinya, pastikan sepatu dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Nah, beberapa sepatu yang aman dicuci dengan mesin yaitu sepatu kain, sneaker, dan sepatu kasual. Selain itu, pastikan pula untuk membaca label care yang tersemat pada sepatu untuk mengetahui cara merawat dan mencucinya dengan benar.

2. Bersihkan dengan sabun lembut dan air dingin

ilustrasi mencuci sepatu dengan mesin (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Cara mencuci sepatu di mesin cuci yang benar adalah menggunakan sabun lembut dan air dingin. Hindari menggunakan deterjen yang keras dan air panas karena bisa merusak kualitas sepatu.

Di samping itu, jangan pula mencampurkan cucian lain saat mencuci sepatu. Hal ini dapat merusak tampilan dan kualitas sepatumu.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Sendok Kayu agar Tetap Awet, Efektif dan Mudah!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya