Comscore Tracker

8 Tren Desain Dapur Kekinian yang Bikin Memasak Makin Menyenangkan

Trik efektif untuk menciptakan dapur kekinian 

Dahulu, dapur merupakan bagian rumah yang kurang mendapatkan perhatian, terutama dalam hal desain. Sebaliknya, saat ini dapur bertransformasi menjadi ruang multifungsi. Tidak hanya sebagai tempat memasak dan menyajikan makanan. Namun juga tempat kumpul keluarga, hingga tempat menjamu teman dan kerabat.

Perubahan tersebut telah mempengaruhi cara mendesain sebuah dapur. Dapur yang ada saat ini perlu mendapat perhatian khusus sehingga siapa saja dapat menikmatinya. Kamu sedang mendesain dapur atau mungkin berencana untuk merenovasi dapur?

1. Warna hitam yang elegan

8 Tren Desain Dapur Kekinian yang Bikin Memasak Makin Menyenangkanarsitag.com

Kabinet dapur berwarna putih merupakan pilihan klasik yang dapat diterapkan dalam berbagai jenis gaya desain. Namun, tren dapur kekinian saat ini cukup banyak yang menggunakan dominasi warna hitam. Kabinet dapur berwarna gelap memberikan tampilan mewah dan elegan yang tidak ditawarkan oleh warna lain.

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam mendesain dapur berwarna hitam atau nuansa gelap adalah keseimbangan dengan warna lain agar ruang dapur tidak terlihat gelap atau suram.

2. Tren desain dapur kekinian yang hangat dan menenangkan

8 Tren Desain Dapur Kekinian yang Bikin Memasak Makin Menyenangkanarsitag.com

Suasana dapur yang hangat dan menenangkan tentu saja akan membuat acara memasak menjadi lebih menyenangkan. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan warna-warna hangat dengan aksen warna kayu yang menenangkan.

Semua elemen dalam dapur ini menggunakan warna hangat, termasuk juga sistem pencahayaannya. Salah satu sisi dinding dirancang hingga membentuk setengah lingkaran yang membuat ruangan terlihat lebih lembut dan tidak kaku.

3. Dapur semi outdoor

8 Tren Desain Dapur Kekinian yang Bikin Memasak Makin Menyenangkanarsitag.com

Saat ini semakin banyak orang yang memilih untuk menghubungkan dapur dengan area luar ruangan sehingga mereka dapat menikmati pemandangan hijau dan udara segar. Kamu sebenarnya bisa menggunakan pintu kaca sebagai penghubung dua area ini.

Bisa juga kamu memilih untuk tidak menggunakan pembatas sama sekali seperti pada dapur yang satu ini. Kamu bisa memasang atap transparan pada langit-langit untuk mecegah tempias saat hujan.

4. Permainan motif dan warna pada lantai dapur

8 Tren Desain Dapur Kekinian yang Bikin Memasak Makin Menyenangkanarsitag.com

Tren desain dapur kekinian berikutnya yang sedang populer saat ini adalah fokus pada lantai dapur. Alih-alih menggunakan lantai keramik dengan warna polos, mengapa tidak menggunakan keramik yang penuh dengan motif dan warna?

Kalau masih ragu, mulailah dengan motif hitam putih yang klasik seperti pada dapur ini. Untuk mengimbanginya, gunakan backsplash dengan warna netral dan furnitur yang polos.

Baca Juga: 9 Ide Menyulap Peralatan Dapur Menjadi Dekorasi Indah dalam Ruangan

5. Penggunaan rak terbuka di dapur

8 Tren Desain Dapur Kekinian yang Bikin Memasak Makin Menyenangkanarsitag.com

Alih-alih menggunakan upper cabinet tertutup seperti pada umumnya, Anda bisa menggunakan rak terbuka seperti ini. Dengan begini, kamu dapat mengambil benda yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

6. Warna pastel yang lembut

8 Tren Desain Dapur Kekinian yang Bikin Memasak Makin Menyenangkanarsitag.com

Mungkin kamu menginginkan dapur yang penuh warna, namun masih ragu untuk memakai warna-warna yang terlalu dramatis. Untuk itu, kamu bisa menggunakan warna pastel yang lembut.

Kamu dapat menggunakan warna yang sama pada seluruh ruangan dapur atau hanya pada salah satu sisi ruangan saja. Untuk mengatasi kesan monoton, hadirkan motif pada lantai atau pada furnitur lainnya.

7. Cerdik dalam hal penyimpanan

8 Tren Desain Dapur Kekinian yang Bikin Memasak Makin Menyenangkanhousebeautiful.com

Salah satu fondasi dasar dalam sebuah dapur yang fungsional adalah area penyimpanan. Area penyimpanan yang multifungsi dan tersembunyi seperti ini merupakan desain dapur kekininan yang akan menjadi tren untuk waktu yang lama. Penyimpanan ini dapat diterapkan pada dapur mungil maupun dapur berukuran besar.

8. Desain dapur kekinian dengan dukungan teknologi

8 Tren Desain Dapur Kekinian yang Bikin Memasak Makin Menyenangkanhousebeautiful.com

Di zaman modern seperti ini, kemajuan teknologi sudah semakin pesat. Tidak heran bila dapur kamu perlu dilengkapi dengan berbagai teknologi. Unsur teknologi yang dimaksud di sini di antaranya kulkas pintar, speaker bluetooth, sistem pencahayaan otomatis, mesin pembuat kopi otomatis, dan perlengkapan dapur canggih lainnya.

Dapur kekinian juga tidak pernah ragu untuk memasukkan unsur-unsur yang bersifat personal. Mulai dari pemilihan warna cat, jenis furnitur, hingga penataan rak yang disesuaikan dengan rutinitas penghuni.

Semakin personal, maka kamu akan semakin betah berlama-lama di dapur. Bahkan, sesimpel menempatkan rak penyimpanan yang mudah diakses dapat membuat kegiatan memasak lebih efisien. Kegiatan memasak jadi nggak ribet, lebih cepat selesai, dan tentunya lebih menyenangkan.

Baca Juga: Inspirasi Desain Dapur Ciamik, Bikin Masak Makin Asyik

Arsitag.com Photo Community Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You