Comscore Tracker

5 Cara Merawat Tanaman Indoor biar Gak Gampang Mati

Tanaman juga makhluk hidup lho!

Meskipun tanaman gak bisa ngomong kalau lagi butuh air, bukan berarti kamu mengabaikannya. Dengan membeli tanaman, kamu juga harus berkomitmen untuk merawatnya. Jangan hanya membelinya saat indah, lalu membuangnya pas udah gak sebagus dulu.

Justru hal tesebut adalah pertanda buatmu untuk meluangkan waktu merawatnya. Tanaman juga makhluk hidup yang perlu disayang juga. Perhatikan tanda-tanda fisiknya agar kamu tahu bagaimana keadaan tanamanmu. Biar tanaman indoor tumbuh subur, simak lima cara mudahnya di bawah.

1. Berikan pupuk

5 Cara Merawat Tanaman Indoor biar Gak Gampang Matilandscape-garden.weebly.com

Jangan kira pupuk hanya untuk diletakkan di tanah atau media tanam aja, ya. Pupuk juga memiliki beraneka fungsi, seperti khusus akar dan daun misalnya. Untuk pupuk daun, umumnya berbentuk cair dan disemprotkan langsung pada permukaan daun. Terlebih untuk tanaman hias indoor yang berdaun indah, perlu banget pupuk yang satu ini.

2. Pangkas secara berkala

5 Cara Merawat Tanaman Indoor biar Gak Gampang Matibloomscape.com

Daun yang menguning dan batang yang sudah tua wajib dipangkas, lho. Memang mereka biasanya akan gugur dengan sendirinya, namun kamu bisa mempercepat siklusnya dengan memangkas. Bagian tanaman yang sudah tua selain gak bagus dari segi estetika, mereka juga masih menyerap sari makanan. Sehingga makanan yang seharusnya untuk bagian tanaman sehat jadi berkurang.

3. Siram dengan tepat

5 Cara Merawat Tanaman Indoor biar Gak Gampang Matibloomscape.com

Jangan kira semakin sering menyiram tanaman akan semakin bagus. Kamu juga perlu memperhatikan jenis tanamanmu. Ada tanaman yang gak suka 'minum' banyak air, yang ada akar dan batangnya bisa membusuk. Dan lebih parahnya lagi tanamanmu malah akan mati. Gak mau kan sudah berusaha membeli malah mati? Cek takaran penyiraman yang sesuai.

Baca Juga: 5 Tanaman ini Bikin Pagar Hunian Jadi Cakep, Tetangga Bakal Takjub!

4. Sesuaikan intensitas cahaya

5 Cara Merawat Tanaman Indoor biar Gak Gampang Matismartgardenguide.com

Sama dengan air, intensitas cahaya juga perlu disesuaikan. Ada tanaman yang menyukai banyak paparan cahaya, ada yang memilih bersembunyi menghindari paparan cahaya. Jika tanamanmu adalah jenis yang pertama, kamu perlu sering untuk menjemurnya agar terkena matahari. Perlu diingat, jangan dijemur saat panas terik, yang ada daun tanamanmu akan kering terbakar.

5. Ganti pot

5 Cara Merawat Tanaman Indoor biar Gak Gampang Matigardencenterohio.com

Saat tanaman sudah tumbuh besar, potnya juga perlu diganti dengan yang lebih besar. Mengganti pot juga bisa disertai dengan penggantian media tanam yang baru. Untuk mengganti pot, kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk mencabutnya dari tanah. Beberapa langkah perlu dipehatikan agar akar mudah tercabut dari media tanam, misalnya dengan memberikan air ekstra.

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor dan Outdoor yang Diyakini Bawa Hoki

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya