Comscore Tracker

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata Talk, Tahu Arti Talk Turkey? 

Jangan lupa praktikkan, ya! #IDNTimesLife

Dalam mempelajari bahasa Inggris rasanya kurang lengkap jika tidak belajar idiom. Peribahasa dalam bahasa Inggris bisa disebut juga idiom.

Biasanya seseorang akan menggunakan idiom dalam beberapa situasi. Terutama dipakai untuk mengekspresikan suatu ungkapan secara tidak langsung, atau dengan kata-kata konotatif.

Nah, salah satu cara mudah untuk menghapal idiom adalah dengan melakukan klasifikasi. Berikut ini 7 idiom bahasa Inggris yang pakai kata talk. Check this out! 

1. Talk rot

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata Talk, Tahu Arti Talk Turkey? ilustrasi percakapan (unsplash.com/Christin Hume)

Punya teman atau pasangan yang suka tong kosong nyaring bunyinya? Nah, idiom talk rot ini juga memiliki makna yang sama seperti peribahasa Indonesia tersebut.

Idiom ini digunakan untuk seseorang yang perkataannya tak bisa dipegang. Bisa juga berbicara suatu hal yang tidak masuk akal untuk dilakukan. Contohnya seperti berikut ini.

Don't pay Jonathan any mind, Mary, he's just talking rot again. 

2. Talk up a storm

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata Talk, Tahu Arti Talk Turkey? Percakapan dua wanita (unsplash.com/Christina)

Selanjutnya, idiom talk up a storm. Jangan artikan dengan berbicara seperti badai, ya. Sebab sebenarnya, idiom ini ditujukan untuk orang yang bicaranya antusias banget. 

Misalnya saat mengobrol, temanmu tak berhenti-berhenti bicara. Bahkan dirimu tak diberi kesempatan untuk bicara juga. Nah, agar lebih paham, coba perhatikan contohnya berikut ini. 

I didn't get a chance to ask her about that because she was talking up a storm the whole night.

3. Pillow talk

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata Talk, Tahu Arti Talk Turkey? Man and women lying on bed (unsplash.com/Toa Heftiba)

Idiom ini pasti sudah tidak asing di telingamu, bukan? Pillow talk ini secara literal berarti bantal bicara. Namun, makna sebenarnya adalah sebuah situasi yang mana sebelum tidur melakukan perbincangan dahulu. 

Misalnya, saat bersama pasangan. Sebelum tidur mengobrol di kasur terlebih dahulu. Coba perhatikan contoh penggunaannya dalam kalimat ini. 

More than anything else, it's the pillow talk that I miss most since we had kids—we just don't have the time for it anymore, and it feels like we've become a bit distant as a result.

Baca Juga: 5 Idiom Bahasa Inggris dengan Kata Apple, ada 'The Apple of My Eye'

4. Talk of the devil, and (one's) will appear

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata Talk, Tahu Arti Talk Turkey? ilustrasi percakapan (unsplash.com/Laura Tancredi)

Selintas idiom talk of the devil, and he will appear memiliki arti yang menyeramkan. Namun, idiom ini sebenarnya memiliki makna situasi yang mana objek pembicaraannya kebetulan datang. 

Di Indonesia, biasanya situasi itu diungkapkan dengan istilah "panjang umur". Nah, agar lebih paham, perhatikan contohnya di bawah ini. 

John: "Hey everyone, sorry I'm late!"

Dave: "Well, talk of the devil, and he will appear! We were just chatting about something funny you said the other day."

5. Talk turkey

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata Talk, Tahu Arti Talk Turkey? Percakapan dua wanita (unsplash.com/Christina)

Karakter setiap orang saat mengobrol memang beda-beda. Termasuk salah satunya orang yang selalu bercanda saat membahas topik serius.

Nah, idiom talk turkey ini diungkapkan untuk mengajak lawan bicara untuk serius, tidak main-main lagi. Berikut contohnya yang bisa kamu pahami. 

We don't have much time, so let's dispense with the formalities and start talking turkey.

6. Talk twenty to the dozen

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata Talk, Tahu Arti Talk Turkey? ilustrasi percakapan (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Selanjutnya, ada idiom talk twenty to the dozen. Idiom ini bisa digunakan untuk seseorang yang suka berbicara cepat dan sangat berenergi. Dengan kata lain, saat berbicara, orang itu sangat bersemangat.

Wajar memang, karena biasanya seseorang yang sangat menyukai suatu topik pasti melakukan hal itu. Berikut contoh penggunanya yang bisa kamu pahami. 

My aunt can get talking twenty to the dozen if you get her on a topic she's passionate about.

7. Talk to the brick wall

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata Talk, Tahu Arti Talk Turkey? ilustrasi percakapan (unsplash.com/Mimi Thian)

Terakhir adalah talk to a brick wall. Pasti kamu pernah dalam situasi berbicara, tapi orang lain sibuk dengan dunianya sendiri, bukan? Nah, idiom ini sangat cocok digunakan. 

Misalnya, ketika kamu berbicara, tapi lawan bicaramu malah asik bermain ponsel. Kamu jadi seperti bicara dengan tembok, kan? Coba perhatikan contohnya di bawah ini.

Talking to you when the TV is on is like talking to a brick wall. Hello, can you hear me?

Itulah ketujuh idiom dengan kata talk yang bisa digunakan sesuai situasimu. Jangan lupa, untuk seseorang yang susah diajak bicara serius, gunakan kata talk turkey.

Baca Juga: 5 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata 'Rain', Pernah Dengar Right As Rain?

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

I scream so loud, but, no one heard a THING. So, I decided to write. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya