TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Sensus Penduduk Online

Siapapun, kapanpun, dan dimanapun bisa ikut Sensus Online

pexels.com/fauxels

Pada periode 15 Februari - 31 Maret 2020, Indonesia sedang melaksanakan Sensus Penduduk 2020 yang ke tujuh kalinya sejak kemerdekaan. Dari tahun ke tahun, sensus dilaksanakan dengan cara mendatangi rumah satu persatu (door to door) untuk mendata penduduk yang tinggal di rumah itu. Nampaknya cara tersebut terkesan kuno apabila dilakukan di era revolusi industri 4.0 yang serba digital ini.

Untuk itu dalam rangka memanfaatkan teknologi dan menjawab tantangan zaman, Sensus Penduduk 2020 saat ini bisa dilakukan dengan cara mandiri melalui sistem daring (online). Nah, berikut ini terdapat alasan mengapa kamu wajib tercatat sebagai penduduk Indonesia di Sensus Penduduk Online.

1. Dijamin Undang-Undang

pexels.com/Pixabay

Undang-undang No. 16 Tahun 1997 tentang  Statistik ialah yang mengatur tatacara pelaksanaan sensus. Di dalamnya terdapat pasal-pasal, di mana sangat dianjurkan bagi kita untuk menjiwainya. Undang-undang tersebut juga menjamin kerahasiaan identitas bagi siapapun yang akan mengisi sensus online. Sebagai penduduk yang sudah sering mendapat mata pelajaran kewarganegaraan di jenjang pendidikan yang ditempuh, inilah salah satu cara mempraktikkan jiwa nasionalis kita sebagai penduduk Indonesia yang budiman. 

2. Lebih mudah dan praktis

pexels.com/Retha Ferguson

Sensus online bisa dilakukan kapan saja selama dalam masa periode pendataan, yakni 15 Februari - 31 Maret 2020. Waktunya kita sendiri yang menentukan. Pagi, siang, malam sambil rebahan di kamar pun bisa. Selain lewat komputer atau laptop, pengisian data sensus juga bisa dilakukan lewat smartphone yang biasa kita genggam sehari-hari. Jadi tidak ada alasan lagi nih bagi penduduk metropolis yang berdalih karena kesibukan, toh pengisiannya juga bebas kapan pun dan di mana pun.

Baca Juga: Tutorial Pengisian Sensus Penduduk 2020 Online, Siapkan Dokumennya

3. APBN menjadi efektif dan efisien

pexels.com/Breakingpic

Namanya juga online. Pasti tidak begitu banyak membutuhkan adanya dokumen yang berwujud kertas seperti sensus di tahun-tahun sebelumnya. Partisipasi kita di Sensus Online tanpa disadari kita sudah membantu negara dalam menghemat APBN. Bisa dibayangkan bukan betapa banyaknya kertas yang di butuhkan jika kamu, kamu dan kamu tidak ikut Sensus Online. 

4. Dasar perencanaan berbagai bidang kehidupan

pexels.com/fauxels

Hasil Sensus Penduduk ini nantinya akan memiliki banyak manfaat buat kemaslahatan umat. Data kependudukan yang terhimpun bisa dijadikan dasar oleh pemangku kebijakan untuk merencanakan pembangunan seperti pembuatan gedung sekolah, pembuatan jalan tol, rumah sakit dan fasilitas kesehatan dan masih banyak lagi. Akan tetapi pemerintah akan salah kebijakan dalam membuat keputusan jika tidak tahu jumlah penduduk yang semestinya. Sebab, sejatinya pembangunan itu didasarkan atas pola persebaran penduduk. Jadi jumlahnya harus pas, terhitung semua dan tidak ada yang terlewat.

Baca Juga: Hanya 27 Persen Warga yang Bisa Sensus Penduduk 2020 Online di Kudus

Writer

Achmad Tasylichul Adib

ASN di BPS Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya