TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Kamu Ingin Kuliah di Dua Jurusan 

Jadwal kuliahmu bisa padat!

Unsplash.com/ Vasily Koloda

Bukan rahasia umum lagi jika kuliah dengan dua jurusan secara bersamaan menjadi pilihan beberapa mahasiswa perguruan tinggi. Dengan mengambil kuliah dua jurusan, seorang mahasiswa bisa memperoleh dua gelar secara bersamaan.

Namun demikian, mengambil kuliah di dua jurusan berbeda dalam waktu yang sama tidaklah mudah. Ada sejumlah tantangan yang harus dilewati mahasiswa.

Bagi kamu yang ingin mengambil dua jurusan kuliah secara bersamaan, berikut ini 5 hal yang mungkin bisa kamu jadikan pertimbangan. Yuk, disimak!

1. Minim waktu luang

Unsplash.com/Fabrizio Verrecchia

Ketika kamu mengambil dua jurusan kuliah berbeda, tentu mau tidak mau waktumu pun tersita untuk kegiatan kampus. Bisa dibilang, waktu luangmu menjadi minim karena kamu akan sibuk menjalani kuliah secara bersamaan.

Saat waktu luangmu mulai sedikit, bisa jadi momen kebersamaanmu dengan keluarga menjadi terbatas, begitu juga dengan teman atau kerabat.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Program Kuliah Online dengan Benar

2. Mau tak mau pengeluaran untuk kuliah menjadi lebih besar

Pixabay.com/EmAji

Kuliah di dua jurusan tentu membuat pengeluaranmu menjadi lebih besar dibandingkan dengan kuliah satu jurusan saja. Hal ini pun menuntutmu untuk lebih banyak mengeluarkan uang, mulai dari pengeluaran uang semester, biaya untuk pembuatan tugas kuliah, hingga biaya transportasimu menjadi double.

Ini merupakan konsekuensi ketika kamu memilih untuk kuliah di dua jurusan berbeda, kecuali jika kamu menerima beasiswa kuliah.

3. Menjalani kuliah hampir setiap hari dengan jadwal yang padat

Unsplash.com/Matese Fields

Tidak dapat dielakkan, kuliah dengan dua jurusan berbeda secara bersamaan dapat membuatmu sedikit kewalahan. Ini karena jadwal kuliah yang tentu padat, apalagi jika kamu mengambil banyak mata kuliah.

Alhasil, kamu pun harus menjalani kuliah hampir setiap hari. Misalnya jika kamu kuliah dari pagi hingga siang pada jurusan A, maka selanjutnya dari siang sampai sore kamu akan kuliah pada jurusan B.

4. Memiliki banyak tugas kuliah

Unsplash.com/ Sharon McCutcheon

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah dengan dua jurusan, maka konsekuensinya kamu akan memperoleh banyak tugas kuliah. Kalau sudah begini, mau tidak mau kamu harus menyelesaikan tugas tersebut satu per satu. Apalagi tugas kuliah adalah perkara wajib yang harus dikerjakan mahasiswa agar bisa lulus mata kuliah tertentu.

Baca Juga: 5 Penyebab Mengapa Mahasiswa Masih Salah Ambil Jurusan Kuliah

Verified Writer

Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya