TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Kosakata Bahasa Inggris yang Ternyata Singkatan, Kamu Sadar?

Ada cosplay hingga motel

kosakata dalam bahasa Inggris yang ternyata singkatan (pexels.com/Anna Shvets)

Dalam bahasa Inggris, ada istilah yang dikenal sebagai portmanteau. Portmanteau adalah kosakata baru yang dihasilkan dari penggabungan dua kata, di mana kosakata baru yang dihasilkan juga memiliki makna baru.

Dalam bahasa Indonesia, kita punya surel yang merupakan gabungan dari surat dan elektronik, sehingga bermakna baru sebagai pesan elektronik yang dikirim melalui jaringan komputer. Mirip dengan surat yang kita kirim melalui pos, tetapi dikirim dan diterima melalui internet.

Ternyata, ada banyak juga kosakata bahasa Inggris yang ternyata singkatan semacam itu. Kira-kira ada apa saja? Ini dia daftar selengkapnya untukmu!

1. Pencinta budaya Jepang pasti akrab dengan hal satu ini. Yup, kosakata “cosplay” sebetulnya berasal dari gabungan kata “costume + play”

ilustrasi cosplay (pexels.com/Brett Sayles)

2. “Breakfast + lunch” disingkat jadi “brunch”. Istilah ini merujuk pada kegiatan makan antara pukul 10 atau jam 11 siang

ilustrasi brunch (pexels.com/Life Of Pix)

3. Ada juga “netizen”. Gak banyak yang sadar kalau sebetulnya kosakata bahasa Inggris ini singkatan dari “internet + citizen”, kan?

ilustrasi netizen (pexels.com/Kaboompics .com)

4. Meski kerap dikira bahasa Indonesia, “webinar” adalah bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari “web-based + seminar”

ilustrasi webinar (pexels.com/Anna Shvets)

Baca Juga: 11 Kosakata Bahasa Arab Tentang Berbagai Warna, Tambah Kosakata Baru!

5. Nah, kalau “emotion + icon” atau yang kita kenal sebagai “emoticon”. Biasanya terdapat dalam papan tombol berisi ekspresi wajah dan simbol

ilustrasi emoticon (pexels.com/Ann H)

6. Belakangan, istilah ini populer di internet. Kerap dilakukan saat akhir pekan “staycation” berasal dari gabungan “stay + vacation”

ilustrasi staycation (pexels.com/cottonbro studio)

7. Kalau “blog” adalah “web + log” dalam bentuk tulisan, maka versi videonya kita kenal sebagai vlog atau “video + log”

ilustrasi vlog (pexels.com/Anna Shvets)

8. Gak sebatas kemah pada umumnya, “glamping” punya fasilitas jauh lebih nyaman. Pada dasarnya, glamping adalah “glamorous + camping”

ilustrasi glamping (pexels.com/cottonbro studio)

9. Saking candunya bak alkohol, maka orang yang gila kerja disebut “workaholic”. Itu merupakan singkatan dari “work + alchoholic”, lho!

ilustrasi workaholic (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Baca Juga: 9 Padanan Kata Bahasa Indonesia dari Bahasa Inggris, Tahu Lokapasar?

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya