TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa yang Dimaksud dengan Tangga Nada Diatonis Mayor? 

Lagu-lagunya bersifat ceria dan menyenangkan

ilustrasi tangga nada (unsplash.com/Valentino Funghi)

Kamu pasti sering mendengarkan lagu-lagu ceria seperti "Naik Delman", "Balonku", "Garuda Pancasila", "Halo-Halo Bandung" dan lain-lainnya. Lagu-lagu ini menggunakan tangga nada yang disebut dengan tangga nada diatonis mayor. Apakah tangga nada diatonis mayor itu?

Sebelumnya mari kita mengenal apa itu tangga nada. Tangga nada dapat diartikan sebagai hasil perpaduan nada-nada yang memiliki interval tertentu. Tangga nada ini memiliki peran yang cukup penting di dalam sebuah lagu untuk menghasilkan alunan nada-nada yang enak didengarkan dan indah.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Tangga Nada Diatonis Minor?

Pengertian tangga nada diatonis mayor 

ilustrasi nada (unsplash.com/Kati Hoehl)

Sebagai salah satu tangga nada yang sering digunakan, wajib untuk mengetahui pengertian dari tangga nada ini. Menurut buku "Nada dan Irama" karya M. Noor Said tahun 2020, tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang disusun dengan jarak nada ataupun interval berupa 1-1-1/2-1-1-1-1/2.

Interval atau jarak nada dalam sebuah lagu adalah jarak antara nada yang satu dengan nada yang lainnya. Contoh tangga nada mayor yaitu C mayor yang terdiri dari do, re, mi, fa, sol, la, si, dan do.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Tangga Nada Minor Harmonis? 

Verified Writer

Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya