TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dosa Meninggalkan Sholat Subuh Ternyata Melebihi Berbuat Zina

Hukumannya bisa masuk neraka selama 30 tahun

ilustrasi salat (unsplash.com/Imad Alassiry)

Sholat subuh ataupun sholat fajar adalah salah satu sholat wajib dari sholat lima waktu yang dilakukan pada saat fajar sampai menjelang matahari terbit. Biasanya, sholat subuh akan didahului oleh sholat sunnah fajar sebanyak dua rakaat.

Namun, karena dikerjakan sebelum matahari terbit, tak jarang seorang Muslim acap lalai dan meninggalkan sholat subuh. Padahal dosa meninggalkan sholat subuh telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadis. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Perbedaan Salat Gaib dan Salat Jenazah

1. Hukum meninggalkan sholat subuh

Ilustrasi salat subuh (pexels.com/RODNAE Productions)

Tahukah kamu jika meninggalkan sholat subuh satu kali, maka hukumannya adalah setara dengan masuk neraka selama 30 tahun? Sementara, satu hari di neraka sama dengan 60 ribu tahun di dunia. Dengan demikian, satu kali tidak melaksanakan sholat subuh, maka akan mendekam 60 ribu tahun di neraka.

Telah disebutkan di dalam Al-Qur'an dan Hadis bahwa sholat lebih baik daripada tidur. Tentunya sholat subuh merupakan salah satu kewajiban bagi setiap Muslim. Namun, sering kali sebagian orang meninggalkan subuh karena berbagai alasan, seperti rasa kantuk hingga sulit bangun tidur yang pada akhirnya kesiangan.

Oleh karena itu, diperlukan kemauan dan kesadaran diri untuk menjalankan sholat subuh. Waktu subuh sendiri merupakan salah satu waktu yang sangat istimewa dari beberapa waktu lainnya. Allah SWT memilih waktu subuh untuk memerintahkan kepada umat-Nya agar mengerjakan sholat dengan banyak keutamaan tersebut.

Baca Juga: Pengertian dan Tata Cara Melakukan Sujud Sahwi dalam Salat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya