TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Memahami Kata Kerja Tindakan dan Penggunaannya 

Menggambarkan peristiwa yang dialami tokoh

ilustrasi kerja di kantor dengan rekan kerja (unsplash.com/Jason Goodman)

Kata merupakan satuan bahasa yang memiliki arti atau satu pengertian. Dalam bahasa Indonesia, kata merupakan satuan bahasa terkecil yang mengisi salah satu fungsi sintaksis (subjek, predikat, objek, atau keterangan) dalam susunan kalimat. Ada berbagai macam jenis kata yang umum digunakan, yaitu kata sifat, kata benda, dan kata kerja.

Melansir Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata kerja memiliki arti pekerjaan. Kata kerja biasanya digunakan untuk menggambarkan tindakan atau aktivitas yang dilakukan subjek kalimat. Ada berbagai kata kerja yang diketahui dalam kaidah Bahasa Indonesia, salah satunya kata kerja tindakan.

Agar lebih jelas, mari simak penjelasan kata kerja tindakan berikut ini. Check this out!

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Membalas Tindakan Arogan dengan Sikap Serupa

Pengertian Kata Kerja Tindakan

ilustrasi membaca buku (pexels.com/cottonbro)

Melansir buku Cermat Berbahasa Indonesia oleh Sutarno, kata kerja tindakan merupakan kata kerja yang menjelaskan suatu peristiwa fisik yang dialami tokoh. Kata kerja tindakan biasanya mempunyai awalan “me-” seperti menjelaskan, melakukan, dan lain-lain.

Kata kerja tindakan biasanya terkandung di dalam kalimat aktif, tetapi bisa diubah ke kalimat pasif. Bukan hanya itu, ciri-ciri kata kerja yang lainnya yaitu memiliki predikat dalam kalimatnya dan dapat didahului dengan pemakaian kata tidak.

Baca Juga: 5 Steps Tindakan Ketika Melakukan Kesalahan di Tempat Kerja

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya