TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mukadimah Pidato: Penjelasan dan Contohnya

Sesuaikan dengan tema acara

ilustrasi laki-laki menyampaikan mukadimah (pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Ketika menghadiri sebuah acara resmi, biasanya kamu akan mendengar pembawa atau pengisi acara menyampaikan mukadimah. Mukadimah diibaratkan salam pembuka sebelum masuk ke pembahasan yang ada pada acara tersebut. 

Adanya mukadimah dapat membuat pendengar merasa tertarik dan penasaran tentang hal yang akan dibahas. Biar gak bingung, simak penjelasan dan beberapa contoh mukadimah pidato yang bisa kamu gunakan berikut ini.

1. Pengertian mukadimah

ilustrasi perempuan menyampaikan mukadimah (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mukadimah diartikan sebagai pendahuluan atau kata pengantar yang letaknya di bagian pembukaan sebuah tulisan. Untuk bahasa dan gaya bahasanya sendiri bisa disesuaikan dengan acara yang diselenggarakan.

Jadi, kamu hanya harus memahami konsep acara apa yang kamu hadiri, sehingga mukadimah yang disampaikan juga nyambung dengan tema pembahasannya. Kalau kamu pernah menyampaikan mukadimah dalam bahasa apa, nih?

2. Penggunaan mukadimah

ilustrasi orang presentasi (unsplash.com/product school)

Mungkin kamu bertanya, apakah penggunaan mukadimah disampaikan melalui pesan langsung saja? Sebenarnya mukadimah tidak hanya digunakan pada penyampaian pesan secara langsung saja seperti acara resmi yang menghadirkan audiens. 

Jika kamu suka membaca buku, kamu juga bisa menemukan mukadimah di dalamnya. Misalnya saja buku sains hingga UUD 1945 yang menjelaskan terlebih dahulu mengenai isi dan tujuan buku. Jadi, selain pidato dan ceramah, mukadimah bisa kamu temukan juga dalam pesan tulisan seperti buku ya.

Baca Juga: Pidato Singkat: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya