TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Negosiasi: Pengertian, Tujuan, dan Tahapan 

Negosiasi tidak hanya dilakukan dalam jual beli saja

ilustrasi negosiasi (Pixabay.com)

Dalam dunia kerja, negosiasi merupakan hal yang mudah ditemukan. Tidak hanya itu, dalam berdagang juga membutuhkan negosiasi yang baik untuk mencapai kesepakatan. Negosiasi dapat dilakukan secara formal maupun non formal.

Negosiasi tidak hanya dilakukan oleh dua pihak saja. Namun, negosiasi dapat dilakukan oleh banyak pihak. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai negosiasi, simak artikel berikut ini!

Baca Juga: Sejarah Sabuk Pengaman, Bermula untuk Pilot Pesawat Layang

1. Pengertian negosiasi

ilustrasi negosiasi (Pexels/Sora Shimazaki)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), negosiasi merupakan proses tawar-menawar untuk mencapai kesepakatan bersama, antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak lainnya. Menurut Christian F Guswai dalam buku Negotiation for Retail Business, negosiasi memiliki berbagai aspek, yaitu negosiasi sebagai ilmu, keterampilan, dan seni.

Sedangkan menurut Kamus Oxford, negosiasi merupakan suatu cara untuk mencapai suatu tujuan melalui diskusi formal. Dalam negosiasi, terdapat sebutan untuk pihak yang terlibat. Pihak yang melakukan kegiatan negosiasi dan bertindak sebagai juru runding adalah negosiator.

2. Tujuan negosiasi

ilustrasi negosiasi (Pixabay/Aymanejed)

Melansir Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, adanya negosiasi karena terdapat pertentangan yang terjadi di antara kedua belah pihak atau lebih. Oleh karena itu, tujuan negosiasi adalah mencapai kesepakatan bersama yang mempunyai kesamaan persepsi, pengertian, dan persetujuan.

Negosiasi sebaiknya dilakukan dengan santun dan menghindari sikap yang menimbulkan kerugian. Negosiasi harus mencapai penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang ada, serta mencapai kondisi saling menguntungkan sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

Baca Juga: Sejarah Rumah Penculikan Soekarno-Hatta di Rengasdengklok

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya