TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Agroteknologi, Masuk 5 Besar Prodi Terlaris di SBMPTN 2019

Prospek kerjanya apa saja, ya?

freepik/jcomp

Program studi Agroteknologi sukses mencuri perhatian di gelaran SBMPTN 2019. Setelah hasil akhirnya resmi diumumkan pada awal Juli, data peminat per program studi juga dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dari hasil penghitungan akhir, Agroteknologi masuk dalam jajaran lima besar prodi saintek paling diminati pada SBMPTN 2019. Apakah kamu salah satu peminatnya? Berikut lima fakta terkait program studi Agroteknologi yang menarik untuk disimak.

1. Agroteknologi sukses saingi peminat Kedokteran di SBMPTN 2019

freepik/pressfoto

Angka peminat Agroteknologi pada SBMPTN 2019 hampir menyaingi prodi Pendidikan Dokter di beberapa perguruan tinggi berbeda. Pendidikan Dokter Universitas Udayana menempati posisi pertama dengan jumlah pendaftar sebanyak 2.301 orang.

Prodi Agroekoteknologi mengekor di peringkat kedua dengan selisih tipis yaitu 2.202 pendaftar. Di posisi keempat, Agroteknologi UPN Veteran juga mendapat peminat tinggi sebanyak 1.956 orang.

2. Mempelajari seluk beluk rekayasa pertanian

Pexels/Tom Fisk

Agroteknologi pada intinya adalah ilmu yang mempelajari rekayasa pertanian, penerapan teknologi secara tepat untuk meningkatkan hasil dan mutu pertanian. Mahasiswa Agroteknologi akan mempelajari metode tanam, media yang digunakan, penggunaan pupuk, dan lain-lain.

Teori-teori dasar dalam pertanian juga dijadikan modal untuk mengembangkan teknologi yang sudah ada, serta melahirkan inovasi yang bisa meningkatkan mutu dan hasil.

3. Gak melulu saintek, ada mata kuliah tentang kewirausahaan dan etika bisnis di bidang pertanian

Pexels/Joao Jesus

Agroteknologi merupakan program studi yang berada di ranah sains dan teknologi. Sebagian besar mata kuliahnya berkaitan dengan ilmu biologi dan kimia yang menyangkut pertanian.

Tapi gak hanya sisi saintek saja yang dipelajari, ada mata kuliah kewirausahaan dan etika bisnis. Kedua ilmu ini juga memiliki peran penting dalam upaya peningkatan mutu pertanian, seperti memahami kondisi pasar dan merancang sistem pertanian yang lebih efisien.

4. Prospek kerja lulusan Agroteknologi apa saja, ya?

freepik/svlatkovskyl

Selain minat dan kualitas kampus, pertimbangan lain calon mahasiswa saat memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja. Tenang, kamu yang berminat mengambil kuliah Agroteknologi akan disambut banyak peluang kerja selepas lulus nanti.

Lulusan Agroteknologi punya peluang kerja sebagai peneliti, konsultan, pekerja industri pangan, hingga surveyor. Ilmu yang didapat selama kuliah pun bisa dijadikan modal berwirausaha.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya