TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Konotasi adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Senjata andalan para perempuan, nih!

ilustrasi belajar (pexels.com/Sam Lion)

Konotasi adalah sebuah istilah yang merujuk pada suatu makna yang terdapat dalam kalimat, kata, hingga ungkapan. Nah, kalimat atau ungkapan yang mengandung konotasi seringkali membuat orang bingung tentang makna sebenarnya dari suatu kalimat atau ungkapan tersebut.

Selain itu, untuk mengetahui makna dari kalimat atau ungkapan yang mengandung konotasi, kamu harus memperhatikan konteks secara keseluruhan terlebih dahulu. Daripada makin bingung, langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Konotasi adalah?

Ilustrasi berpikir (pexels.com/Craig Adderley)

Berdasarkan KBBI Daring, konotasi adalah tautan pikiran yang menimbulkan nilai rasa pada seseorang ketika berhadapan dengan sebuah kata. Selain itu, kamus daring tersebut juga mengartikan konotasi sebagai makna yang ditambahkan pada makna denotasi. 

Merujuk pada pengertian di atas, konotasi merupakan sebuah kalimat, kata, atau ungkapan yang memiliki makna kiasan atau makna yang tidak sebenarnya. Sederhananya, ada makna lain atau maksud lain yang terkandung dari suatu kalimat atau ungkapan tersebut.

Baca Juga: Sleep Call Artinya? Istilah Populer yang Sering Dipakai Pasangan

2. Ciri-ciri konotasi

ilustrasi belajar bersama teman (unsplash.com/Alexis Brown)

Nah, setelah membaca pengertian konotasi, kamu pasti sudah terbayang bagaimana bentuk dari kalimat, kata, atau ungkapan yang mengandung makna konotasi ini. Yap, tentu saja ciri-ciri utama konotasi adalah suatu kalimat atau ungkapan yang memiliki makna kiasan.

Tidak hanya itu, kalimat atau ungkapan konotasi ini bisa memiliki makna yang berbeda-beda untuk setiap individu. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan konteks, waktu, dan tempat yang berkaitan dengan kalimat atau ungkapan konotasi tersebut.

Baca Juga: Tasamuh Adalah? Ini Penjelasan dan Contohnya dalam Islam

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya